PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI KEBAK KRAMAT TAHUN AJARAN 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8127Keywords:
Classroom Action Research, Problem Based Learning (PBL), LearningOutcomesAbstract
nbsp;< strong>< p> ABSTRAK< h1>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XC SMA Negeri I Marisa Tahun Ajaran 2022 2023 pada mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning PBL Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 4 kali pertemuan setiap siklusnya Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi Siklus pertama dan kedua membahas materi pokok Kegiatan pelaku ekonomi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X C SMA Negeri I Marisa Tahun Ajaran 2022 2023 yang terdiri dari 34 siswa Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi < p>
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X C mulai dari pratindakan siklus I dan siklus II yaitu 67 65 pada tahap pratindakan meningkat menjadi 75 65 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80 86 pada siklus II Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning PBL dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X C SMA Negeri I Marisa < p>
Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas Problem Based Learning PBL Hasil Belajar< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to improve the learning outcomes of class This type of research is Classroom Action Research PTK which is carried out in two cycles with 4 meetings per cycle Each cycle consists of several stages namely planning implementing actions observing and reflecting The first and second cycles discuss the main material of economic actors activities The subjects in this research were students in class X C of SMA Negeri I Marisa for the 2022 2023 academic year consisting of 34 students The main techniques for collecting data are carried out by means of tests and observations while supporting techniques use interviews and documentation < p>
The results of the research show that the application of the Problem Based Learning PBL learning model can improve the learning outcomes of class 86 in cycle II The conclusion of this research is that the application of the Problem Based Learning PBL learning model can improve the Economics learning outcomes of class X C students at SMA Negeri I Marisa < p>
Keywords: Classroom Action Research Problem Based Learning PBL LearningOutcomes< strong>< p>
References
Ni Made 2008 Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha Laporan Penelitian Hlm 74 84
Sudjana Nana 2010 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung:
PT Remaja Rosdakarya
Rusmono 2014 Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu Bogor : Penerbit Ghalia Indonenesia
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional Diakses pada tanggal 05 Maret 2016 darihttp: bsnp indonesia org id wpcontent upl oads isi Permen_22_2006 pdf
Wina Sanjaya 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group

ÂÂÂÂÂ