PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL KELAS X SMA NEGERI 1 GEMEH

Authors

  • Hibor Andolo PPG Universitas Negeri Manado
  • Agnes Rooroh PPG Universitas Negeri Manado
  • Amelda Sakul PPG Universitas Negeri Manado
  • Silvana Oroh Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8128

Keywords:

se of Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

nbsp;< strong>< p>

ABSTRAK< strong> < strong>< p>

Penelitian ini merupakan salah satu tugas pada program Pendidikan Profesi Guru PPG Daljab nbsp; di Universitas Negeri Manado Setiap guru yang mengikuti program ini harus melakukan Praktek Pengalaman Lapangan PPL yang digunakan untuk melakukan penelitian terhadap permasalahan dalam proses pembelajaran di sekolah Dengan adanya perubahan proses pembelajaran pada saat ini dimana pembelajaran dilakukan secara langsung nbsp;mengakibatkan berbagai nbsp; permasalahan dalam proses pelaksanaannya Keterbatasan dalam proses nbsp;pembelajaran mengakibatkan hasil belajar peserta didik menurun sehingga banyak diantara peserta didik yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum KKM < p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil nbsp; belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilaksanakan secara Blended Learning Singkron Asingkron Proses penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus yang sebelumnya melakukan tindakan pada tahap pra siklus setiap siklusnya meliputi 4 tahap yaitu : 1 tahap nbsp; perencanaan 2 tahap pelaksanaan 3 tahap observasi 4 tahap refleksi < p>

Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian terlihat adanya peningkatan pada hasil belajar peserta didik ini terlihat dari hasil yang diperoleh peserta didik dari mengerjakan lembar kerja peserta didik Persentase tingkat keberhasilan peserta didik mencapai nilai di atas atau sesuai dengan capaian pembelajaran nbsp;pada aspek pengetahuan di Siklus I adalah sebesar 75 dan pada siklus II adalah sebesar 88 dan pada siklus III 90 dapat dilihat peningkatan presentasi pada siklus I ke siklus II adalah sebesar 13 < p>

Sedangkan untuk peningkatan hasil belajar pada aspek keterampilan dapat dilihat dari hasil nbsp; belajar pra siklus yaitu sebesar 78 dan pada siklus II adalah 100 terjadi nbsp; peningkatan sebesar 22 untuk hasil belajar aspek keterampilan Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berdasarkan hasil penelitian ternyata dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi< p>

Kata kunci< strong>: Penggunaan pembelajaran < strong>Problem B< strong>ased learning Hasil belajar< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRA< strong>CK< strong>< p>

This research is one of the tasks in the Daljab Professional Teacher Education PPG program Manado State University Every teacher who takes part in this program is required to carry out Field Experience Practice PPL which is used to conduct research on problems in the learning process at school With the changes in the learning process that are currently occurring where learning is carried out directly this has given rise to various problems in the implementation process Limitations in the learning process result in student learning outcomes decreasing so that many students get grades below the Minimum Completeness Criteria KKM < p>

This research aims to determine the improvement in student learning outcomes in Economics subjects by using the Problem Based Learning learning model which is applied using Blended Learning Synchronous Asynchronous The research process was carried out in three cycles previously actions were carried out at the pre cycle stage each cycle included 4 stages namely: 1 planning stage 2 implementation stage 3 observation stage 4 reflection stage < p>

The results obtained from the implementation of the research show an increase in student learning outcomes this can be seen from the results obtained by students from working on LKS The percentage of students success rate in achieving a score above or in accordance with learning achievement in the knowledge aspect in Cycle I was 75 cycle II was 88 and cycle III was 90 It was seen that the presentation increased from cycle I to cycle II by 13 < p>

Meanwhile the increase in learning outcomes in the skills aspect can be seen from the pre cycle learning outcomes namely 78 and in the second cycle it was 100 there was an increase in learning outcomes in the skills aspect by 22 Thus it can be concluded that the use of the Problem Based Learning learning model based on research results can actually improve learning outcomes in Economics subjects < p>

Keywords: Use of Problem Based Learning Learning Outcomes< strong>< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

References

A M Sardiman 2006 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Amir M Taufik 2009 Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Jakarta: Kencana

Arikunto Suharsimi 2012 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta:

Rineka Cipta https: www kajianpustaka com 2017 08 model pembelajaran problem based 20learning html https: www silabus web id problem based learning

Keengwe J Geordina D 2012 The digital course training workshop for online learning and teaching Education and Information Technologies 17 no 4 365 Remaja Rosdakarya

Sardiman A Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Raja Grafindo Sudjana Nana 2010 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung : PT Sugiyono 2008 Metodologi penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Sutirman 2013 Media dan Model model Pembelajaran Inovatif Yogyakarta: Graha Ilmu

Wekke I Hamid S Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesian Pesantren Procedia Social and Behavioral Sciences 2013 :

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL KELAS X SMA NEGERI 1 GEMEH. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 158 167. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8128