PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS VII SMP YPK FAKFAK TAHUN AJARAN 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8129Keywords:
Learning Methods, Discovery, Motivation, Learning Achievement, StudentsAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran discovery sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII SMP YPK Fakfak Adapun manfaat dari penelitian ini bagi penulis para guru dan sekolah sebagai masukan yang bersifat ilmiah dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas VII SMP YPK Fakfak < p>
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang didalam tiap siklusnya terdapat Rencana Pelaksanaan Observasi dan Refleksi Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas VII SMP YPK Fakfak dengan jumlah siswa 26 orang Seluruh siswa yang berjumlah 26 orang itu semuanya telah mengikuti siklus I II dan III dalam penelitian tindakan kelas < p>
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode discovery proses belajar mengajar lebih menarik perhatian siswa sehingga merasa senang dan lebih menjadi aktif meningkatkan daya pikir serta mudah dan mengingatnya dan Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada mata pelajaran Ekonomi khususnya Kelas VII< p>
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Discovery Motivasi Prestasi Belajar Siswa< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to determine the use of the Discovery learning method as an effort to increase student motivation and learning achievement in Economics subjects in class VII YPK Fakfak Middle School That is the benefit of this research for writers teachers and schools as scientific input in an effort to increase student motivation and learning achievement in Economics subjects in class VII YPK Fakfak Middle School < p>
The method used in this research is Classroom Action Research each cycle of which includes Planning Implementation Observation and Reflection This classroom action research activity was carried out in Class VII of YPK Fakfak Middle School totaling 26 students All 26 students have participated in cycles I II and III in classroom action research < p>
From this research it can be concluded that through the discovery method the teaching and learning process attracts students attention more so that they feel happy and more active increase their thinking power and are easy to remember and students learning achievement in Economics subjects increases subjects especially Class VII < p>
Keywords: Learning Methods Discovery Motivation Learning Achievement Students< strong>< p>
nbsp;< p>
References
Arikunto dkk 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta : PT Rineka Cipta
Djamarah 2002 Strategi Belajar Mengajar Jakarta : Rineka Cipta
Erriniyati 2008 Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Discovery Pada Siswa Kelas VI SD Kanisius Pati
Malayu S P Hasibuan 2009 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta: Bumi Aksara
Nur Uhbiyati 2001 Ilmu Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta
Penemuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas I MTsN Denanyar Skripsi Universitas Negeri Surabaya
Poerwodarminto 2014 Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga Jakarta: Balai Pustaka
Siadari 2001 Model Pembelajaran Penemuan Konsep Bandung: Remadja Karya
Suherman 2001 Pembelajaran Matematika Kontemporer Bandung : JICA
Syafi udin 2002 Penerapan Pendekatan Konstruktivis dengan menggunakan Metode
Uno Hamzah 2017 TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA Analisis di bidang pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Usman 2000 Menjadi Guru Profesional Bandung : Remaja Rosdakarya
https: sulipan wordpress com

ÂÂÂÂÂ