MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KABILA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8132Keywords:
Problem Based Learning, Learning Results, Social SciencesAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini dilandasi dari hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kabila yang rendah Kurangnya daya tarik siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kabila Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori teori kependidikan sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru guru Mata Pelajaran Produktif dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar < p>
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2 Yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kabila sebanyak 36 siswa sampelnya diambil dari keseluruhan populasi < p>
Kata Kunci : Problem Based Lerning< em> PBL Hasi Belajar IPS< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research is based on the low learning outcomes of social studies subjects in class VII of SMP Negeri 3 Kabila Lack of student interest in learning is one of the causes of low student learning outcomes The aim of this research is to determine the application of the Problem Based Learning PBL learning model to improve the learning outcomes of class VII students at SMP Negeri 3 Kabila The expected benefits of this research include: practical benefits namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories while the theoretical benefits provide input for the Education Department and input for Productive Subject teachers in order to improve teaching competency < p>
This research uses the Classroom Action Research Method data collection is carried out after teaching and learning activities are carried out while analyzing the data obtained through calculating the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2 The population is all class VII students of SMP Negeri 3 Kabila as many as 36 students the sample was taken from the entire population < p>
Keywords: Problem Based Learning PBL Learning Results Social Sciences< strong>< p>
nbsp;< p>
References
Abarang N Delviany D 2021 Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan 1 2 https: doi org 10 26858 progresif v1i2 28570
Arikunto S 2009 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto S 2009 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara
Blumberg P 2021 Assessing Students During the Problem Based Learning
PBL Process International Associated of Medical Science Education
2
Dimyati dan Mudjiono 1999 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta Hamalik 2008 Proses Belajar Mengajar Bandung : Bumi Aksara
Pomalato Sarsan W DJ DR 2006 Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research Jakarta : Nurul Jannah
Gafar A A Ridwan T 2008 Implementasi problem based learning PBL pada proses pembelajaran di BPTP Bandung Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Nomor VII 12
Hamalik Oemar 2001 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik O 2011 Proses belajar mengajar Jakarta: Bumi Aksara
Hasrul Bakri 2009 Peningkatan minat belajar praktek menggulung trafo melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah PBL pada siswa Smk Negeri 3 Makassar Jurnal Medtek Vol 1 Nomor 1 April 2 8
Sardiman 2001 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : Rajagrafindo Persada
Syah Muhibin 2001 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru PT Remaja Rosda Karya
Lie Anita 2004 Cooperative Learning Jakarta : Grasindo
Uno Hamzah 1998 Teori Belajar dan Pembelajaran Gorontalo : Nurul Jannah
___________ 2004 Landasan Pembelajaran Teori dan Praktek Gorontalo : Nurul Jannah

ÂÂÂÂÂ