PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN IPS DI UPTD SMP NEGERI 3 KALABAHI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8135Abstract
nbsp;< p>
ABTSRAK< strong>< p>
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa Adapun manfaat yang diharapkan dari penilitan ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi nbsp; bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori teori kependidikan sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru guru Mata Pelajaran IPS dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar < p>
Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas nbsp; pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2 Yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII A UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi sebanyak 21 siswa < p>
Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus yang satu ke siklus selanjutnya Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus 1 dapat diketahui nilai rata rata siswa adalah 84 28 Siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebesar 90 48 yaitu 19 siswa dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebesar 9 52 yaitu 2 siswa Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus 2 dapat diketahui nilai rata rata siswa adalah 88 33 Siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebesar 94 44 yaitu 17 siswa dan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebesar 5 56 yaitu 1 siswa Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media Model Pembelajaran Problem based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep Perdagangan Antardaerah dan konsep Keunggulan dan keterbatasan antarruang serta pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi sosial budaya di Indonesia dan ASEAN mata pelajaran IPS pada nbsp; nbsp;s iswa kelas VIII A di UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi < p>
Kata Kunci : Model Problem Based Learning< strong> Hasil Belajar Siswa < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The aim of this research is to determine the application of the Problem Based Learning learning model in order to improve student learning outcomes The expected benefits from this research include: practical benefits namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories while the theoretical benefits become input for the Education Department and input for social studies teachers in order to improve teaching competency < p>
This research uses the Classroom Action Research Method data collection is carried out after teaching and learning activities have been carried out while analyzing the data obtained through comparing the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2 The population is students of class VIII A UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi as many as 21 students < p>
The research results have increased from one cycle to the next Based on the analysis of learning outcomes in cycle 1 it can be seen that the average student score is 84 28 Students who scored above the KKM were 90 48 namely 19 students and students who scored below the KKM were 9 52 namely 2 students Based on the analysis of learning outcomes in cycle 2 it can be seen that the average student score was 88 33 Students who scored above the KKM were 94 44 namely 17 students and students who scored below the KKM were 5 56 namely 1 student This shows that the use of the Problem Based Learning Model media can increase understanding of the concept of Interregional Trade and the concept of Advantages and Limitations of Interspace and its influence on economic socio cultural activities in Indonesia and ASEAN in social studies subjects in class VIII A students at UPTD SMP Negeri 3 Kalabahi < p>
Keywords: Problem Based Learning Model Student Learning Outcomes< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
References
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2017 Ilmu Pengetahuan Sosial PT Gramedia
Rusman 2012 Model model Pembelajaran Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Sapriya 2009 Pendidikan IPS Bandung :Remaja Rosdakarya
Trianto 2007 Model modelPembelajaran InovatifBerorientasi Konstruktivitis Jakarta: Prestasi Pustaka
Arikunto Suharsimi 2006 Penelitian Tindakan Kelas Bumi Aksara Jakarta
Agib Zainal 2003 Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Insan Cendekia Surabaya
Dimyati dan Mudjiono 2002 Belajar dan Pembelajaran Rineka Cipta Jakarta
Hakim Thursan 2002 Belajar Secara Efektif Puspa Swara Jakarta
Hayati Mimin 2007 Model dan Teknik Penelitian Ruang Persada Press Jakarta
Margono S 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan Rineka Cipta Jakarta
Majid Abud 2006 Perencanaan Pembelajaran PT Remaja Rosdakarya Bandung

ÂÂÂÂÂ