UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASIC LEARNING PJBL
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8137Keywords:
Basic project learning method, service company accounting cycle, learning outcomes, learning motivationAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Salah satu prioritas pemerintah pada umumnya adalah pendidikan Penelitian ini didorong oleh fakta bahwa siswa mengalami kesulitan belajar akuntansi dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar dan memahami siklus akuntansi perusahaan jasa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan motivasi belajar siswa ketika menerapkan model pembelajaran project basic learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik SMA NEGERI 1 BAHADOPI kelas XII MIPA 3 dengan jumlah 28 peserta didik Penelitian ini berbentuk studi bersama di mana siswa dibagi menjadi kelompok penelitian yang terdiri dari 4 individu yang berbeda Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan dalam 3 siklus yakni pra siklus siklus 1 dan siklus 2 Tiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu 1 perencanaan 2 pelaksanaan 3 pengamatan dan 4 refleksi Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran project basic learning dapat meningkatkan minat belajar siswa yang dilihat melalui aktivitas belajar siswa untuk setiap kelompok Project basic learning juga dapat meningkatkan hasil belajar secara klasikal dari pra siklus dan setelah melaksanakan siklus 1 dan 2 < p>
Kata kunci: Metode pembelajaran project basic learning Siklus akuntansi perusahaan jasa Hasil belajar Motivasi belajar< strong>< p>
< p>
ABSTRACT< strong>< p>
One of the government s priorities in general is education This research was motivated by the fact that students had difficulty learning accounting and lack of student motivation to learn and understand the accounting cycle of service companies This research aims to determine student learning outcomes and learning motivation when implementing the project basic learning learning model in an effort to increase student motivation and learning outcomes This research is classroom action research The subjects in this research were class XII MIPA 3 of SMA NEGERI 1 BAHADOPI students with a total of 28 students This research takes the form of a joint study where students are divided into research groups consisting of 4 different individuals This research uses a descriptive qualitative approach carried out in 3 cycles namely pre cycle cycle 1 and cycle 2 Each cycle in this research consists of four stages namely 1 planning 2 implementation 3 observation and 4 reflection The instruments used were learning results tests and observations The results of the research showed that using the project basic learning method could increase students interest in learning as seen through student learning activities for each group Basic learning projects can also improve classical learning outcomes from pre cycle and after do the cycle 1 and cycle 2 < p>
Keywords: Basic project learning method service company accounting cycle learning outcomes learning motivation< strong>< p>
< p>
< p>
References
Ariyani B Kristin F 2021 Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPS Siswa SD Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5 3 353 https: doi org 10 23887 jipp v5i3 36230
Dewi T A 2015 Implementasi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Ekonomi di Sekolah
PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi 3 2
http: dx doi org 10 24127 ja v3i2 328
Fatimatuzahroh F Nurteti L Koswara S 2019 Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7 1 35 https: doi org 10 36667 jppi v7i1 362
Hidi S Harackiewicz J M 2000 Motivating The Academically Unmotivated: A Critical Issue for
The 21st century Review of Educational Research
Isjoni H 2014 Cooperative learning mengembangkan kemampuan belajar
berkelompok Bandung: Alfabet
Magdalena I Fajriyati Islami N Rasid E A Diasty N T 2020 Tiga Ranah Taksonomi Bloom
Dalam Pendidikan EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains 2 1 132 139
https: ejournal stitpn ac id index php edisi
Moedjiono 2009 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta
Nuraisah E Irawati R Hanifah N 2016 Perbedaan Pengaruh Penggunaan
Pembelajaran Konvensional dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan
Berpikir Kritis Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Jurnal
Pena Ilmiah 1 1 291 300 https: doi org 10 23819 pi v1i1 3033
RI P 2003 Undang undang UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH
BPK RI] JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia 37
https: peraturan bpk go id Home Details 43920 uu no 20 tahun 2003
Sugiyono 2009 Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D
Bandung: Alfabeta
Suparman T Zanthy L S 2019 Analisis kemampuan beripikir kreatif matematis
siswa SMP Journal On Education 1 2 503 508
Sutardi S Sugiharsono S 2016 Pengaruh kompetensi guru motivasi belajar dan lingkungan
keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi
Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 3 2 188 198
https: doi org 10 21831 hsjpi v3i2 8400
Syam A R Arifin S 2017 Kedudukan Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Islam
Di Era Globalisasi AL ASASIYYA: Journal Of Basic Education
1 10 24269 ajbe v2i1 879

ÂÂÂÂÂ