MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL PADA KELAS X SMAN 5 TANA TORAJA TAHUN PELAJARAN 2023 2024
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8144Keywords:
Interest in Learning, Economics Lessons, Problem Base Learning ModelAbstract
ABSTRAK< strong>< p> Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi melalui model problem based learning pbl pada kelas x sman 5 tana toraja tahun pelajaran 2023 2024< h6>
Salah satu masalah yang sampai sekarang masih dihadapi dalam Pelaksanaan sistem pendidikan nasional adalah rendahnya kualitas pendidikan Latar belakang masalah kurikulum merdeka belajar mencakup keinginan untuk meningkatkan fleksibilitas pembelajaran mempekuat keterlibatan siswa dan mempersiapkan mereka untuk tantatangan masa depan yang dinamis< p>
Pendidikan ekonomi merupakan pelajaran yang penting dan sangat strategis dalam rangka mendidik dalam kegiatan ekonomi watak atau nbsp; karakter peserta didik atau anak bangsa untuk nbsp; masa yang akan datang < p>
Salah satu masalah yang nbsp; masih dihadapi oleh para guru ekonomi nbsp;di SMA Negeri 5 Tana Toraja adalah kurangnya semangat peserta didik nbsp; untuk mengikutii pelajaran ekonomi Masalah tersebut tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya dari siswa sendiri dimana siswa menganggap pelajaran ekonomi termasuk pelajaran ilmu pengetahuan sosial dan siswa lebih konsentrasi pada mata pelajaran lain seperti Matematika Fisika Kimia dan biologi < p>
Masalah kemampuan guru disini menyangkut pengetahuan guru pengusaan strategi dan model pembelajaranserta penguasaan kelas Solusi dari permasalahan ini dapat melalui penerapan pembelajaran model PBL dan PjBL adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis nbsp; mengengembangkan intruksi yang silih asah silih asih dan silih asuh antar sesama siswa sebagai latihan hidup didalam masyarakat nyata < p>
Kata Kunci: Minat Belajar Pelajaran Ekonomi Model Problem Base Learning < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The aim of this research is to increase students interest in learning in economics subjects through the problem based learning PBL model in class< p>
One of the problems still faced in the implementation of the national education system is the low quality of education The background to the independent learning curriculum problem includes the desire to increase learning flexibility strengthen student engagement and prepare them for dynamic future challenges < p>
Economic education is an important and very strategic lesson in order to educate in economic activities the character or character of students or the nation s children for the future < p>
One of the problems that economics teachers at SMA Negeri 5 Tana Toraja still face is the lack of enthusiasm among students to take economics lessons Of course there are many factors that influence this problem including the students themselves where students consider economics lessons including social science lessons and students concentrate more on other subjects such as Mathematics Physics Chemistry and Biology < p>
The problem of teacher ability here concerns teacher knowledge mastery of learning strategies and models as well as class mastery The solution to this problem can be through the application of PBL and PjBL learning models namely learning that consciously and systematically develops instructions that are mutual caring and nurturing between fellow students as training for life in real society < p>
Keywords: Interest in Learning Economics Lessons Problem Base Learning Model < strong>< p>
References
Ary Donald; Lucy Cheser Jacobs 1982 Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan
Introduction to Research In Education Penerjemah; Arief Furchan
Surabaya; Usaha Nasional
Dirdjosisworo Soedjono 1986 Pengantar Imu Hukum Tana Toraja: Rajawali
H Djaali 1995 Metodologi Penelitian: Kumpulan Makalah Penataran Ujung
Pandang; FP MIPA IKIP Ujung Pandang
Hartanti Evi 2007 Tindak Pidana Korupsi Tana Toraja: Sinar Grafika
Kusumaatmadja Mochtar 2002 Konsep Konsep Hukum dalam Pembangunan
Bandung; Alumni
Jailani 2002 Dasar dasar Penelitian: Modul Umum: Bahan Pelatihan Terintegra
si Berbasis Kompetensi Guru SLTP Tana Toraja: Dit SLTP Dikdasmen
Depdiknas Moedjiono Ed 1985 Kapita Selekta Metode Metode
Mengajar Tana Toraja: Depdikbud
M Ahmadi dkk 1989 Panduan Kegiatan Diskusi Dalam Proses Belajar
Mengajar Malang; Proyek P3TK IKIP Malang
Manan Bagir 1995 kekuasaan Kehakiman Republik Indonesia Bandung:
LPPM UNISBA
Mulyadi Lilik 2007 Pembalikan Beban Pembuktian Tindak Pidana Korupsi
Bandung: Alumni
Nana Saodih Sukmadinata 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan Bandung:
Program Pascasarjana UPI bekerjasama dengan Remaja Rasdakarya
Purwanto M Ngalim 1987 Psikologi Pendidikan Bandung: Remaja Karya
Prints darwan 2002 Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Bandung:
Citra Aditya Bakti
Rahardjo Satjipto 1979 Hukum dan Perubahan Sosial Bandung: Angkasa
Rahardjo Satjipto 1979 Hukum dan masyarakat Bandung: Angkasa
Sudarsono FX 1997 Rencana Desain dan Implementasi Pedoman Penelitian
Tindakan Kelas Bagian keempat Yoyakarta; UP3GSD UKMPSD
Sukamto 1996 Pedoman Observasi Penelitian Kelas Makalah disajikan dalam
Pentaran Classroom Action Research Oleh Lembaga Penelitian IKIP
Yogyakarta 13 19 Maret 1996
Suriasumantri JS 1986 Pedoman Penulisan Ilmiah Tana Toraja: PT Gramedia
Syah Muhibbin 2003 Psikologi Belajar Tana Toraja: PT Raya Grafindo Persada

ÂÂÂÂÂ