MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL PADA KELAS X IPS 1 SMAN 7 LUWU TAHUN PELAJARAN 2022 2023

Authors

  • Shanti Umar PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Dolly Watania PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8146

Keywords:

Interest in Learning,, Problem Based Learning

Abstract

nbsp;< strong>< p>

ABSTRAK< strong>< p>

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Metode Problem Based Learning PBL Pada Kelas X IPS SMAN 1 LUWU Tahun 2022 2023 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan tindakan tahap observasi dan tahap refleksi Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 7 Luwu < p>

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Rancangan penelitian tindakan kelas tersebut dilakukan dalam tiga siklus penelitian < p>

Peningkatan tersebut tidak terlepas dari upaya guru memberi respon mengembangkan kreatifitas mencermati kesalahan yang kerap dilakukan peserta didik membiasakan secara tetap serta memberikan berbagai arahan < p>

Kata Kunci : nbsp; Minat Belajar Problem Based Learning< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

Increasing Students Interest in Learning in Economics Subjects Through the Problem Based Learning PBL Method in Class X IPS SMAN 1 LUWU 2022 2023 This type of research is classroom action research This research was conducted in 4 stages namely the planning stage action implementation stage observation stage and reflection stage The research subjects were students of class X IPS 1 SMA Negeri 7 Luwu < p>

The approach used in this research is a qualitative approach while the research design used is classroom action research The classroom action research design was carried out in three research cycles < p>

This improvement cannot be separated from the teacher s efforts to respond develop creativity pay attention to mistakes that students often make get used to it regularly and provide various directions < p>

Keywords: Interest in Learning Problem Based Learning< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

References

Arikunto Suharsini 2006 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : Bumi Aksara

Mulyani Endang dan Nurcahyanto Asep 2017 Buku Ekonomi untuk Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Nurlita Nella 2021 Buku Ekonomi untuk SMA MA Kelas XI Kurikulum 13 Bandung: Yrama Widya

P2LPTK https: www kajianpustaka com 2019 03 penelitian

tindakan kelas ptk html

https: irpan1990 wordpress com 2011 08 11 metode pembelajaran diskusi kelompok

https: scholar google co id scholar?q=metode pembelajaran pbl hl=id as_sdt=0 as

Wlodsowski R J Jaynes J H 2004 Hasrat Untuk Belajar Jogjakarta: Pustaka Pelajar

Budiningsih C Asri 2005 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Usman Uzer 2008 Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid Abdul 2008 Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru Bandung: Remaja Rosdakarya

Prayitno 2009 Dasar teori dan praksis pendidikan Jakarta: Grasindo

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL PADA KELAS X IPS 1 SMAN 7 LUWU TAHUN PELAJARAN 2022 2023. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 208 218. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8146