MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PBL PADA KELAS XI SMAN 1 TABUT TAHUN 2022 2023

Authors

  • Eva feibe Sumilat PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Joseph Kambey PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Gilly Tiwow PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8148

Keywords:

Interest in Learning, Problem Based Learning

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonom imelalui metode Problem Based Learning PBL pada kelas XI SMAN 1 Tabut Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus Pada Siklus 1 dan siklus 2 terdiri dari tahapan penelitian dibagi menjadi empat tahap: 1 perencanaan 2 pelaksanaan 3 pengamatan dan 4 refleksi kemudian dilanjutkan ke siklus berikutnya Aspek aspek dalam pengamatan meliputi: perilaku peserta didik waktu belajar kegiatan diskusi peserta didik partisipasi peserta didik dalam presentasi dan diskusi Sehingga dapat diketahui secara jelas bagaimana aktifitas peserta didik selama proses pembelajaran Validasi diperlukan agar diperoleh data yang valid Pada penelitian ini data yang dikumpulkan adalah data hasil nilai ujian siklus I dan II dan data hasil pengamatan Data hasil pengamatan divalidasi melalui triangulasi sumber yaitu data berasal dari peserta didik pengamat observer dan peneliti sendiri Penguasaan materi dapat dikatakan meningkat karena dalam pembelajaran pertama sampai ketiga terjadi peningkatan dari siklus pertama hanya sebesar 7 5 pada siklus kedua meningkat menjadi 62 5 Setelah peserta didik diberikan tambahan dengan mengerjakan latihan latihan dan bimbingan guru pada siklus II meningkat menjadi 62 dan setelah pembelajaran kedua peserta didik diberikan tambahan tugas dirumah peserta didik yang mampu menguasai materi pembelajaran meningkat menjadi 87 5 Berdasarkan kenaikan perhitungan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning PBL dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap mata pelajaran Ekonomi pada materi Ketenagakerjaan Dan Badan Usaha hal tersebut di buktikan dengan kenaikan dari tiap siklus < p>

Kata Kunci : Minat Belajar Problem Based Learning< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This research aims to describe the increase in students interest in learning in economics subjects through the Problem Based Learning PBL method in class XI of SMAN 1 Tabut This research was carried out in 2 cycles Cycle 1 and cycle 2 consisted of research stages divided into four stages: 1 planning 2 implementation 3 observation and 4 reflection then continued to the next cycle Aspects in observation include: student behavior while studying student discussion activities student participation in presentations and discussions So it can be clearly seen how students activities are during the learning process Validation is needed to obtain valid data In this study the data collected were data from test scores from cycles I and II and data from observations Observation data is validated through source triangulation namely data comes from students observers and researchers themselves Mastery of the material can be said to have increased because in the first to third lessons there was an increase from the first cycle of only 7 5 in the second cycle it increased to 62 5 After students were given additional work by doing exercises and teacher guidance in cycle II this increased to 62 and after the second lesson students were given additional assignments at home Students who were able to master the learning material increased to 87 5 Based on the increase in the percentage calculation it can be concluded that learning using the Problem Based Learning PBL method can increase students interest in Economics subjects on Employment and Business Entities This is proven by the increase in each cycle < p>

Keywords: Interest in Learning Problem Based Learning< strong>< p>

References

Arikunto Suharsini 2006 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta : Bumi Aksara

Mulyani Endang dan Nurcahyanto Asep 2017 Buku Ekonomi untuk Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Nurlita Nella 2021 Buku Ekonomi untuk SMA MA Kelas XI Kurikulum 13 Bandung: Yrama Widya

P2LPTK https: www kajianpustaka com 2019 03 penelitian

tindakan kelas ptk html

https: irpan1990 wordpress com 2011 08 11 metode pembelajaran diskusi kelompok

https: scholar google co id scholar?q=metode pembelajaran pbl hl=id as_sdt=0 as

_vis=1 oi=scholart

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PBL PADA KELAS XI SMAN 1 TABUT TAHUN 2022 2023 . (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 277 288. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8148