PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI EKONOMI INTERNASIONAL DI KELAS IX SMPN 1 WADAGA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8151Keywords:
problem based learning, learning motivation, learning achievement.Abstract
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas IX 1 SMPN 1 Wadaga nbsp;tahun ajaran 2023 2024 melalui pembelajaran model Problem Based Learning< em> Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis angket dan observasi Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II Peningkatan prestasi belajar juga ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning < em>dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa nbsp;pada mata pelajaran IPS materi perdagangan Internasional nbsp; kelas IX 1 SMP Negeri 1 Wadaga tahun ajaran 2023 2024 < p>
Kata Kunci: problem based learning < em>motivasi belajar prestasi belajar < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The aim of this research is to increase the motivation and learning achievement of class IX 1 students at SMPN 1 Wadaga for the 2023 2024 academic year through the Problem Based Learning model This research is classroom action research PTK which was carried out in two cycles Data collection techniques were carried out using written tests questionnaires and observations Data analysis in this research is guided by Descriptive Statistics analysis with Percentages The results of this research indicate an increase in students learning motivation from cycle I to cycle II The increase in learning achievement is also marked by the increase in students whose scores reach the minimum overall completeness criteria So it can be concluded that the application of the problem based learning model can increase student motivation and learning achievement in the social studies subject International trade material for class IX 1 of SMP Negeri 1 Wadaga for the 2023 2024 academic year < p>
Keywords: problem based learning learning motivation learning achievement < strong>< p>
References
Admin 2003 UU No 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional Diakses melalui https: kemenag go id Pada tanggal 23 November 2023
Admin 2015 Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index EDI Diakses melalui www kemenkopmk go id Pada tanggal 23 November 2023
Akbar Sa dun 2013 Instrumen Perangkat Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya Amir M 2009 Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Jakarta: Perdana Media Group
Hamdu dan Agustina 2011 Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Jakarta: Bina Aksara
Maggie Savin dan Claire 2004 Foundation Of Problem Based Learning New York: Great Britain
Tan Oon Seng 2004 Enchancing Thingking throught Problem Based Learning Approaces Singapore: Thompson Learning
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

ÂÂÂÂÂ