MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP ADVENT TONDANO

Authors

  • Yohana A. Metusala PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8154

Keywords:

Learning Motivation, Problem Based Learning, Students

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IX SMP Advent Tondano Kab Minahasa melalui model pembelajaran Problem Based Learning Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa di Kelas IX SMP Advent Tondano Kab Minahasa yang berjumlah 29 orang Teknik pengumpulan data meliputi angket observasi dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keseluruhan hasil analisis data baik data observasi awal maupun data pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap tahapan penelitian Pada saat observasi awal motivasi belajar siswa di di Kelas IX SMP Advent Tondano hanya berjumlah 28 dari keseluruhan siswa yang berjumlah 29 orang namun setelah diberikan tindakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning meningkat menjadi 59 67 sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan hingga mencapai 89 33 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang berbunyi; Jika dalam pembelajaran digunakan model pembelajaran problem based learning maka motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IX SMP Advent Tondano Kab Minahasa akan meningkat nbsp; maka penelitian ini dinyatakan berhasil atau hipotesisnya diterima nbsp;< p>

nbsp;< strong>Kata Kunci : Motivasi Belajar Problem Based Learning Peserta didik< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

The aim of this research is to increase student learning motivation in social studies subjects in Class IX Adventist Middle School Tondano Minahasa Regency through the Problem Based Learning learning model The research method used is classroom action research The subjects subject to action were all 29 Class IX students of Tondano Adventist Middle School Minahasa Regency Data collection techniques include questionnaires observation and documentation The research results show that the overall results of data analysis both initial observation data and data in cycle 1 and cycle 2 show an increase in student learning motivation at each stage of the research At the time of the initial observation the learning motivation of class IX students at Advent Tondano Middle School was only 28 of the total 29 students but after being given learning actions using the problem based learning model it increased to 59 67 while in cycle 2 it increased to 89 33 Based on the research results it can be concluded that the action hypothesis reads; If the problem based learning model is used in learning students learning motivation in social studies subjects in Class IX of Adventist Middle School Tondano Minahasa Regency will increase so that this research is declared successful or the hypothesis is accepted < p>

Keywords: Learning Motivation Problem Based Learning Students< strong>< p>

nbsp;< p>

References

Alfansyur A Mariyani M 2020 Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial Historis: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 5 2

150

Aman K 2016 Penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Butar Sulawesi Tengah Istoria: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah 12 1

Ariyani B Kristin F 2021 Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5 3 353 361

Fristadi R Bharata H 2015 Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 597 602

Izzah S I N Sukmawati W 2022 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS Ideas: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya 8 3 765 772

https: doi org 10 32884 ideas v8i3 852

Jacub T A Marto H Darwis A 2020 Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian 2 2 https: doi org 10 56630 jti v2i2 126

Lidia Susanti S P 2020 Strategi pembelajaran berbasis motivasi Elex Media Komputindo

Mardani N K Atmadja N B Suastika I N 2021 Pengaruh Model

Pembelajaran Problem Based Learning Pbl Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Jurnal Pendidikan IPS Indonesia 5 1 55 65 https: doi org 10 23887 jipp v5i3 36230

Nurdyansyah N Fahyuni E F 2016 Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013 Nizamia Learning Center

Ramadhan I 2021 Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1 Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 3 358 369 https: doi org 10 37329 cetta v4i3 1352

Rudiyanto R Irmayanti N Sayati S Makmun S 2022 Pembelajaran PAI

Berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Pamekasan Ideas: Jurnal

Pendidikan Sosial Dan Budaya 8 3 891 898

https: doi org 10 32884 ideas v8i3 846

Rustinah N 2020 Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Gejala Alam di Indonesia Menggunakan Model CTL Siswa Kelas V SD Jurnal Pendidikan

Indonesia 1 03 320 337 https: doi org 10 36418 japendi v1i3 23

Sapriya S 2017 Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran Cetakan 8 PT Remaja Rosdakarya

Setyosari P Sumarmi S 2017 Penerapan model problem based learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS Jurnal Pendidikan: Teori

Penelitian Dan Pengembangan 2 9 1188 1195

https: doi org 10 17977 jptpp v2i9 9936

Sulastri S Imran I Firmansyah A 2015 Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya Jurnal Kreatif

Online 3 1

Widyaningrum A Wasitohadi T S R 2018 Penerapan Model Problem Based Learning PBL Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Ipa Di Kelas 4 Sd Jurnal Pendidikan Indonesia 4 2

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP ADVENT TONDANO. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 74 83. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8154