PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 9 DI SMP NEGERI 2 PALU

Authors

  • Levy Indriasari PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Robert Winerungan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Slat . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Manongko Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8158

Keywords:

Social Studies Learning Outcomes, learning motivation, learning models, problem based learning

Abstract

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas 9 di SMP Negeri 2 Palu Dengan materi antar ruang dan pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Sub Materi Perdagangan Internasional Pembelajaran IPS sendiri ialah salah satu mata pelajaran yang memiliki sifat aplikatif Oleh karena itu Model yang tepat yaitu model Problem Based Learning Model ini nbsp; mengkaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari hari Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK Subjek penelitian ini salah satu kelas 9 yang ada di SMP Negeri 2 Palu Perlakuan yang diberikan kepada subjek penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok perdagangan Internasional dengan menggunakan model Problem Based Learning Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1 Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning sudah sesuai prosedur pelaksanaan pembelajaran < p>

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS model pembelajaran problem based learning motivasi belajar< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This research aims to examine the application of the Problem Based Learning Model to increase student learning motivation in Class 9 Social Sciences subjects at SMP Negeri 2 Palu With inter space material and its influence on Community Welfare International Trade Sub Material Learning Social Sciences itself is a subject that has an applicable nature Therefore The appropriate model is the Problem Based Learning model This model links learning material with everyday life This research is classroom action research PTK The subject of this research is one of class 9 at SMP Negeri 2 Palu The treatment given to research subjects was to increase students learning motivation in social studies subjects with the main material of international trade using the Problem Based Learning model The findings of this research are as follows: 1 The implementation of learning using the Problem Based Learning model is in accordance with learning implementation procedures < p>

Keywords: Social Studies Learning Outcomes learning models problem based learning learning motivation< strong>< p>

References

Ariyani B Kristin F 2021 Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 5 3 353 361

Indra M 2009 Pengertian dan Definisi Hasil Belajar Fromhttp: indramunawar

blogspot com 2009 06 hasil belajar pengertian dan definisi html

Malik A R Emzir E Sumarni S 2020 PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA SMA NEGERI 1 MAROS Visipena 11 1 194 207

Nurdyansyah N Fahyuni E F 2016 Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013 Nizamia Learning Center

Ramadhan I 2021 Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1 Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 3 358 369 https: doi org 10 37329 cetta v4i3 1352

Rudiyanto R Irmayanti N Sayati S Makmun S 2022 Pembelajaran PAI

Berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Pamekasan Ideas: Jurnal

Pendidikan Sosial Dan Budaya 8 3 891 898

https: doi org 10 32884 ideas v8i3 846

Sulastri S Imran I Firmansyah A 2015 Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya Jurnal Kreatif

Online 3 1

Rozikin S Amir H Rohiat S 2018 Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia DI SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang ALOTROP Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia 2 1

Silaban R Panggabean F T M Hutapea F M Hutahaean E Alexander I J 2020 Implementasi Problem Based Learning PBL Dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Mengajar Ikatan Kimia Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia 8 2 69 76

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 9 DI SMP NEGERI 2 PALU. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 91 99. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8158