PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA I KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PARIWISATA BIAK TAHUN PELAJARAN 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8159Keywords:
Problem Based Learning Model, Learning AchievementAbstract
nbsp;< strong>< p>
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan penelitian Tindakan kelas ini yaitu Implementasi Problem Based Learning dan Penggunaan Modul Akuntansi Bilingual Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa pada Kompetensi Praktik Akuntansi Manual Perusahaan Jasa Kelas X1 Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pariwisata Biak Tahun Ajaran 2022 2023 < p>
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning memberikan respon positif dari siswa sebanyak 97 8 Pada indikator sikap siswa terhadap permasalahan yang disajikan sebanyak 18 siswa atau 81 82 memberikan respon yang positif Hal ini menunjukan sebanyak 18 siswa atau 81 82 siswa kelas XI Akuntansi nbsp; SMK Negeri 1 pariwisata Biak memiliki ketertarikan yang tinggi dan sikap yang cukup antusias terhadap permasalahan atau kasus yang disajikan oleh guru < p>
Kata Kunci : Model Problem Based Learning Prestasi belajar< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The aim of this classroom action research is the application of problem based learning and the use of bilingual accounting modules as a learning medium to improve students accounting learning achievement in the Manual Accounting Practice Competency Service Company course < p>
The research results showed that the application of the Problem Based Learning Model gave a positive response by 97 8 of students Judging from the indicators of students attitudes towards the problems presented 18 students or 81 82 gave positive responses This shows as many as 18 students or 81 82 of the class< p>
Keywords: Problem Based Learning Model Learning Achievement< strong>< p>
References
Agus Suprijono 2012 Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Alnemus Mema 2010 Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPS pada Siswa SD Tesis Magister Universitas Negeri Yogyakarta
Al Haryono Jusup 2001 Dasar Dasar Akuntansi Jilid I Yogyakarta Bagian Penerbit STIE YKPN Departemen Pendidikan Nasional 2003 Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka
Eko Putro Widoyoko M Pd 2009 Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fitria Nur Hidayat 2013 Implementasi Model Probm Based Learning PBL untuk Meningkatkan Keaktivan Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi
Penelitian Tindakan Kelas 2005 Psikologi Belajar Jakarta: Raja Grafindo Persada
Mulyasa 2006 Kurikulum 13 Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nana Syaodih Sukmadi 2003 Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung:

ÂÂÂÂÂ