MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PBL MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA KELAS VII SMP NEGERI 5 ANGGREK TAHUN PELAJARAN 2023 2024
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8160Keywords:
Economics, Learning Motivation, Problem Based LearningAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS Terpadu melalui metode Problem Based Learning< em> PBL pada kelas VII SMP Negeri 5 Anggrek Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus Pada penelitian ini guru yang bertindak sebagai penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL Tindakan pembelajaran pada siklus I mengenai materi Kegiatan Ekonomi pada sub tema Kegiatan Ekonomi Tindakan pembelajaran pada siklus II mengenai materi Kegiatan Ekonomi pada sub tema Peran Masyarakat dalam Rantai Ekonomi Teknik pengumpul data hasil belajar dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengamatan observasi Aspek aspek dalam pengamatan meliputi: perilaku peserta didik waktu belajar kegiatan diskusi peserta didik partisipasi peserta didik dalam presentasi dan diskusi Data hasil pengamatan divalidasi melalui triangulasi sumber yaitu data berasal dari peserta didik pengamat observer dan peneliti sendiri Pada siklus pertama persentase ketuntasan belajar peserta didik dari Prasiklus 52 pada siklus I meningkat menjadi 79 dan pada siklus II menjadi 87 Jumlah peserta didik yang tuntas belajar juga terjadi peningkatan dari prasiklus hanya ada 3 peserta didik pada siklus I sudah ada 15 peserta didik dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 peserta didik walaupun belum semua peserta didik tuntas belajar Berdasarkan kenaikan perhitungan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning PBL dapat nbsp;meningkatkan motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran IPS Terpadu pada materi Kegiatan Ekonomi hal tersebut di buktikan dengan kenaikan dari tiap siklus < p>
Kata Kunci: Ekonomi Motivasi Belajar Problem Based Learning< em> PBL < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to describe increasing students learning motivation in Integrated Social Sciences subjects through the Problem Based Learning PBL method in class VII of SMP Negeri 5 Anggrek This research was carried out in 2 cycles In this research the teacher who acted as the writer tried to apply the Problem Based Learning PBL learning method Learning actions in cycle I regarding Economic Activities material in the Economic Activities sub theme Actions in cycle II regarding Economic Activities material in the sub theme The Role of Society in the Economic Chain Data collection techniques for learning outcomes in this research were collected using written test techniques and observation techniques Aspects in observation include: student behavior while studying student activities student participation in presentations and discussions Observational data is validated through source triangulation namely data originating from students observers and researchers themselves In the first cycle the percentage of students learning completion from the Pracycle was 52 in the first cycle it increased to 79 and in the second cycle it became 87 The number of students who completed their studies also increased from pre cycle there were only 3 students in cycle I there were 15 students and in cycle II it increased again to 18 students although not all students had completed their studies Based on the increase in the percentage calculation it can be concluded that learning using the Problem Based Learning PBL method can increase students motivation towards Integrated Social Sciences subjects in Economic Activities material This is proven by the increase in each cycle < p>
Keywords: Economics Learning Motivation Problem Based Learning PBL < strong>< p>
References
Abarang N Delviany D 2021 Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan 1 2 https: doi org 10 26858 progresif v1i2 28570
Arikunto S 2009 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto S 2009 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara
Blumberg P 2021 Assessing Students During the Problem Based Learning
PBL Process International Associated of Medical Science Education 15 2
Dimyati dan Mudjiono 1999 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta Hamalik 2008 Proses Belajar Mengajar Bandung : Bumi Aksara
Pomalato Sarsan W DJ DR 2006 Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research Jakarta : Nurul Jannah
Gafar A A Ridwan T 2008 Implementasi problem based learning PBL pada proses pembelajaran di BPTP Bandung Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Nomor VII 12
Hamalik Oemar 2001 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta : Bumi Aksara
Hamalik O 2011 Proses belajar mengajar Jakarta: Bumi Aksara
Hasrul Bakri 2009 Peningkatan minat belajar praktek menggulung trafo melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah PBL pada siswa Smk Negeri 3 Makassar Jurnal Medtek Vol 1 Nomor 1 April 2 8
https: repository unja ac id 43617 4 BAB 20 20II 20KAJIAN 20TEORI pdf
https: www sampoernaacademy sch id id problem based learning

ÂÂÂÂÂ