PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 PAMONA SELATAN

Authors

  • Merlin Sabintoe PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Sri Purwaningsih PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Steven Mamanua PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Allen Manongko Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8161

Keywords:

Learning Outcomes

Abstract

nbsp;< strong>< p> ABSTRAK< h2>

Hasil belajar siswa merupakan output < em>dari proses belajar mengajar Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih berada di bawah KKM Banyak faktor faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran Model Pembelajaran Problem Based Learning < em>PBL merupakan model pembelajaran kooperatif cooperative learning< em> yang menuntut siswa untuk aktif dan memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasi materi pelajaran yang dipelajari < p>

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi antara yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN 1 Pamona Selatan < p>

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI Jurusan Akuntansi sebagai kelas eksperimen II dengan teknik pengolahan data menggunakan uji t dua arah < p>

Setelah penelitian dilakukan ternyata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL 81 14 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional 76 98 Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung< sub> 2 4046 dan ttabel< sub> 1 9893 Karena nilai thitung< sub> gt; ttabel< sub> 2 4046 gt; 1 9893 berarti maka dapat disimpulkan bahwa Ho< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima < p>

Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN 1 Pamona Selatan < p>

Kata Kunci: Hasil Belajar Model Pembelajaran Problem Based Learning < em> PBL < strong>< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

ABSTRACT< strong>< p>

Student learning outcomes are the output of the teaching and learning process One of the problems in learning at school is the low student learning outcomes This can be seen from the initial data on students daily test scores which are still below the KKM Many factors influence learning outcomes one of which is the learning model The Problem Based Learning PBL learning model is a cooperative learning model that requires students to be active and motivate students so that they can support and help each other in mastering the subject matter being studied < p>

The aim of this research is to determine the differences in economic learning outcomes between those using the PBL learning model and the conventional learning model for class X students majoring in Accounting at SMKN 1 Pamona Selatan < p>

This research is experimental research with a pretest posttest design The subjects in this research were class X students in the Accounting Department as experimental class I and class< p>

After the research was carried out it turned out that the learning outcomes in classes that used the PBL learning model were 81 14 higher than in classes that used the conventional learning model 76 98 Based on statistical tests tcount is 2 4046 and ttable is 1 9893 Because the value of tcount gt; ttable 2 4046 gt; 1 9893 means that it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted < p>

From the analysis that has been carried out it can be concluded that there is a significant difference between the economic learning outcomes that use the PBL learning model and the conventional learning model for class X students majoring in Accounting at SMKN 1 Pamona Selatan < p>

Keywords: Learning Outcomes Problem Based Learning PBL Learning Model< strong> < p>

nbsp;< p>

References

Arikunto S 2010 Manajemen Penelitian Jakarta : Rhineka Cipta Arikunto Suharsimi 2013 Prosedur Penelitian Jakarta : Rineka Cipta

Arleli 2012 Meningkatkan minat belajar pada pembelajaran IPS Ekonomi Model berfikir kreatif creative Thinking model

Asep J dan Abdul H 2012 Evaluasi pembelajaran Yogyakarta : Multi Persindo Ary Donald dkk Pengantar penelitian dalam pendidikan terjemahan Arief

Furchman 2011 Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Aunurrahman 2013 Belajar dan pembelajaran Bandung : Alfabeta

Djamarah S B dan Zain A 2006 Strategi belajar mengajar Jakarta : Rhineka Cipta

Dimyati dan Mujiono 2009 Belajar dan pembelajaran Jakarta : Rhineka Cipta Eggen dan Kauchak 2012 Strategi dan model pembelajaran : mengajarkan

konten dan keterampilan berfikir Jakarta : Indeks

Hamalik O 2011 proses belajar mengajar Jakarta : Bumi Aksara Hamruni 2012 Strategi pembelajaran Yogyakarta : Insan Madani

Huda Miftahul 2014 Model model pengajaran dan pembelajaran Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ibrahim Muslimin dkk 2000 Pengajaran berdasarkan masalah Surabaya : UNESA Press

Kiptiyah M 2006 Persepsi siswa tentang bimbingan belajar dan minat belajar serta hubungannya dengan hasil belajar Ekonomi

Mardapi D 2008 Tehnik penyusunan instrumen Tes dan Non Tes Jogjakarta : Mitra Cendika

Neolaka Amos 2014 Metode penelitian dan statistik Bandung : PT Remaja Rosda Karya Offset

Rusman 2011 Model model pembelajaran mengembangkan professionalisme Guru Jakarta : Rajawali

Sardiman 2011 Interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta : Raja Grafindo Sastrawati E 2011 Pengaruh media pembelajaran problem based learning dan

startegi metakognitis terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi pada mata pelajaran matematika sekolah menegah pertama Tidak dipublikasikan

Slameto 2010 Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhi Jakarta : Rhineka Cipta

Sudjana N 1990 Dasar dasar proses belajar Bandung : Sinar Baru Sudjana 2005 Metode statistika Bandung : PT Tarsito Bandung

Sugiyono 2012 Metode penelitian pendidikan Bandung : Alfabeta

Sugiyono 2014 Metode penelitian pendidikan pendekatan kauntitatif kualitatif dan R D Bandung : Alfabeta

Trianto 2014 Mendesain model pembelajaran inovatif progresif dan konstekstual Jakarta : Prenada Media

Tohir M Pengaruh penerapan pendekatan kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menulis surat siswa SMP N 22 Kota Jambi Tidak dipublikasikan

Wena K 2009 Strategi pembelajaran inovatif kontemporer Jakarta : Bumi Aksara

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMKN 1 PAMONA SELATAN. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 120 127. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8161