PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENDISTRIBUSIAN KEMBALI REDISTRIBUSI PENDAPATAN NASIONAL MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 7 SATAP MALANGKE TAHUN PELAJARAN 2022
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8162Keywords:
Learning Outcomes, Problem Based LearningAbstract
Peningkatan Hasil Belajar Materi Pendistribusian Kembali Redistribusi Pendapatan Nasional denga nbsp; menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik < em>Kelas VIII UPT SMP Negeri 7 Satap Malangke Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pendistribusian Kembali Redistribusi Pendapatan Nasional Menggunakan Pembelajaran Problem Based Learning padapeserta didik < em>KelasVIII UPT SMP Negeri 7 Satap Malangke Metode yang digunakan padapenelitianini adalah PenelitianTindakan actionResearch yang terdiri dari 2 dua siklus dan setiap siklus terdiri dari:Perencanaan Pelaksanaan Pengamatan dan refleksi Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembelajaran Problem Based Learnin < em>dapat Meningkatkan HasilBelajar Materi Pendistribusian Kembali Redistribusi Pendapatan Nasional pada peserta didik KelasVIII UPT SMP Negei 7 Satap Malangke Selanjutnya peneliti merekomendasikan: 1 nbsp; BagiGuru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan model Pembelajaran Problem Based Learning < em>untuk meningkatkan Hasil Belajar 2 Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka di harapkan guru lebih membuat model Pembelajaran PBL < em>yang lebih menarik dan bervariasi < p>
K< strong>a< strong>t< strong>a kunci: Hasil Belajar Pembelajaran Problem Based Learning< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research is entitled: Improving Learning Outcomes in National Income Redistribution Material by using Problem Based Learning for Class VIII students at UPT SMP Negeri 7 Satap Malangke The aim of this research is to Improve Learning Outcomes in Income Redistribution Material National Using Problem Based Learning for students in Class VIII UPT SMP Negeri 7 Satap Malangke The method used in this research is Action Research which consists of 2 two cycles and each cycle consists of: Planning Implementation Observation and reflection Based on The results of action research show that problem based learning can improve learning outcomes Materials for Redistribution of National Income for students in Class VIII UPT SMP Negei 7 Satap Malangke Furthermore the researcher recommends: 1 For teachers who experience the same difficulties they can apply the Problem Based Learning model to improve learning outcomes 2 In order to get maximum results teachers are expected to create more interesting and varied PBL learning models < p>
Keywords: Learning Outcomes Problem Based Learning< strong>< p>
References
Ahmadi Abu 1997 StrategiBelajar Mengajar Bandung:PustakaSetia
Arikunto Suharsimi 2012 Dasar DasarEvaluasiPendidikan Jakarta:BumiAksara
Depdiknas 2003 UURINo 20Tahun2003tentangsystemPendidikanNasionalJakarta: Depdiknas
2004 StandarKompetensiGuruSekolahDasar Jakarta: Depdiknas
2005 PPNo 19Tahun2005tentangStandarNasionalPendidikan
Jakarta: Depdiknas
2007 PermendiknasRI No 41Tahun2007tentangStandarProses
Jakarta: Depdiknas
1999 PedomanPenyusunanKaryaTulis IlmiahdiBidang
Pendidikan Jakarta: Depdikbud
Ibrahim M 2005 PembelajaranKooperatif UNESA:UniversityPress Kemdiknas 2011 MembimbingGurudalamPenelitianTindakanKelas Jakarta:
Kemdiknas
2011 PaikemPembelajaranAktifInovatif
KreatifEfektifdanMenyenangkan Jakarta:Kemdiknas
Ngalim Purwanto 2008 AdministrasidanSupervisiPendidikan Bandung:PTRemajaRosdaKarya
Ngalim Purwanto 2003 Prinsip prinsipdanTeknikEvaluasiPengajaran
Bandung:PTRemajaRosdaKarya

ÂÂÂÂÂ