PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 TOLITOLI

Authors

  • Ni’mawati . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Cheris Laloan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Noula Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Johny Taroreh Manado State University image/svg+xml

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8163

Keywords:

Learning Outcomes, roblem Based Learning, Social Sciences

Abstract

ABSTRAK< h1>

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Apakah penerapan model pembelajaran Problem < em>Based Learning < em>dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli tahun pelajaran 2022 2023 Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan test akhir Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dengan dilengkapi tabel frekuensi serta presentase Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus setiap siklus diadakan empat kali pertemuan tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan test hasil belajar serta melalui empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi refleksi Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning < em>dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX SMPN 4 Tolitoli yang ditandai dengan peningkatan nilai rata rata siswa pada siklus I sebesar 67 5 dan siklus II meningkat menjadi 79 < p>

Kata< strong> Kunci:< strong> Hasil< strong> Belajar;< strong> Problem< em>< strong> Based< em>< strong> Learning< em>< strong>;< strong> IPS< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This research is classroom action research PTK The problem in this research is: Can the application of the Problem Based Learning learning model improve the social studies learning outcomes of class IX students at SMPN 4 Tolitoli for the 2022 2023 academic year Data collection techniques were carried out by means of observation and final tests Meanwhile the data analysis technique used is descriptive statistics equipped with frequency tables and percentages This research aims to improve the social studies learning outcomes of class IX students at SMPN 4 Tolitoli Research activities were carried out in two cycles each cycle held four meetings three teaching and learning process meetings and one learning outcomes test meeting and went through four stages namely planning implementing actions observing reflecting Based on the results of the research and all the discussions and analyzes that have been carried out it can be concluded that the application of the Problem Based Learning Model can improve the social studies learning outcomes of Class IX students at SMPN 4 Tolitoli which is marked by an increase in the average score of students in the first cycle of 67 5 and the second cycle II increased to 79 < p>

Keywords: Learning Outcomes; Problem Based Learning; Social Sciences< strong>< p>

References

S Sadiman Media Pendidikan pengertian pengembangan dan pemanfaatannya 2009

Abarang N Delviany D 2021 Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan 1 2 https: doi org 10 26858 progresif v1i2 28570

E Mulyasa D Iskandar and W D Aryani Revolusi dan Inovasi Pembelajaran Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran PT Remaja Rosdakarya 2016

S R Ariyanto I W P Lestari S U Hasanah L Rahmah and D V Purwanto Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK J Kependidikan J Has Penelit Dan Kaji Kepustakaan Di Bid Pendidikan Pengajaran Dan Pembelajaran vol 6 no 2 pp 197 205 2020

M Yamin Teori dan metode pembelajaran 2021

C E Purwanto and S E Nughoro Penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan berpikir kritis UPEJ Unnes Phys Educ J vol 1 no 1 2012

Pomalato Sarsan W DJ DR 2006 Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research Jakarta : Nurul Jannah

Gafar A A Ridwan T 2008 Implementasi problem based learning PBL pada proses pembelajaran di BPTP Bandung Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Nomor VII 12

Hamalik Oemar 2001 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta : Bumi Aksara

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 TOLITOLI. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 135 144. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8163