PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 62 MALUKU TENGAH TAHUN AJARAN 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8164Keywords:
Social Studies, Problem Based Learning, Learning OutcomesAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli tahun pelajaran 2022 2023 Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes akhir Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang dilengkapi dengan tabel frekuensi dan persentase Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX SMPN 4 Tolitoli Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan empat kali pertemuan tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan tes hasil belajar dan melalui empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi refleksi Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IX SMPN 4 Tolitoli yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai rata rata siswa pada siklus I yaitu 67 5 dan pada siklus II meningkat menjadi 79 < p>
Kata Kunci: Hasil Belajar; Pembelajaran Berbasis Masalah; IPS< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research is a class action research PTK The problem in this study is: Whether the application of the Problem Based Learning learning model can improve the social studies learning outcomes of grade IX students of SMPN 4 Tolitoli in the 2022 2023 academic year Data collection techniques were carried out by means of observation and final tests While the data analysis technique used is descriptive statistics equipped with frequency tables and percentages This study aims to improve the learning outcomes of social studies students in grade IX SMPN 4 Tolitoli Research activities were carried out in two cycles each cycle carried out four meetings three meetings of teaching and learning process and one meeting of learning outcomes test and through four stages namely planning implementation of action observation reflection Based on the results of the research and the entire discussion and analysis that has been done it can be concluded that the application of Problem Based Learning Model can improve the learning outcomes of social studies students of Class IX SMPN 4 Tolitoli which is characterized by an increase in the average score of students in cycle I which is 67 5 and in cycle II increased to 79 < p>
Keywords: Learning Outcomes; Problem Based Learning; Social Studies< strong>< p>
References
Admin 2002 Projek DIE like UI 2002 tentang Problem Based Learning
Diakses melalui https: scele ui ac id Pada tanggal 23 Agustus 2017 Admin 2003 UU No 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional
Diakses melalui https: kemenag go id Pada tanggal 23 Agustus 2017
Admin 2015 Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index EDI Diakses melalui www kemenkopmk go id Pada tanggal 25Agustus 2017
Amir M 2009 Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Jakarta: Perdana Media Group
Akbar Sa dun 2013 Instrumen Perangkat Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya
Arifin Zainal 1991 Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik dan Prosedur Bandung: Rmaja Rosdakarya
Arikunto Suharsini 2003 Prosedur Penelitian Suatu Praktik Jakarta: Bina Aksara
Cahyo A N 2013 Panduan Aplikasi Teori teori Belajar Mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dalyono 2005 Psikologi Pendidikan Jakarta : Rineka Cipta
Dimyatidan Mudjiono 1994 Belajar dan Mengajar Jakarta: Rineka Cipta Hamdani 2011 Strategi Belajar Mengajar Bandung: Pustaka Setia
Hamalik Oemar 2003 Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara Hamdayana Jumanta 2014 Model dan Metode Pembelajaran Kreatif Jakarta:
Ghalia Indonesia
Hamdu dan Agustina 2011 Pengaruh Motivasi Belajar Peserta didik Terhadap Prestasi Jakarta: Bina Aksara
Hamzah B Uno 2008 Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Jauhar M 2011 Implementasi Paikem dari Behaviouristik sampai Kontrivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL Contextual Teaching Learning Jakarta: Prestasi Pustakarya
Lestari Nyoman Sri Pengaruh model pembelajran berbasis masalah Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi peserta didik IPA disekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan kelas VII SMP http: 119 252 161 254 ejournal index php jurnal_tp article view 297 91 Hal 15
Mustaji dan Arthana 2005 Evaluasi Media Pembelajaran Unesa Univercity Press
Maggie Savin dan Claire 2004 Foundation Of Problem Based Learning New York: Great Britain

ÂÂÂÂÂ