UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK GROUP INVESTIGATION PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAMBI

Authors

  • Syarifuddin . PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori Manado State University image/svg+xml
  • Dolly Watania PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8171

Keywords:

Participation, Social Studies Learning, Group Investigation Model

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS model Kajian kelompok kelas VII A SMP N 1 Mambi < p>

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas TPK dengan model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan penilaian untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan partisipasi nbsp;pesrta didik nbsp; dalam pembelajaran IPS dan penguasaan materi IPS Tindakan yang diberikan berupa model Kajian Kelompok sebagai upaya memperbaiki pembelajaran IPS dan meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS < p>

Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran model kajian Kelompok dapat meningkatkan aktivitas pesrta didik Peserta didik nbsp;memiliki keberanian untuk bertanya berkomunikasi menjawab pertanyaan guru teman atau kelompok lain dan berani mempertahankan pendapat ketika berdiskusi Meningkatnya partisipasi dan hasil belajar nbsp;IPS dapat dilihat dari perolehan nilai pesrta didik nbsp;sebelum diberikan tindakan yakni rata rata 70 00 menjadi 73 50 pada siklus I Pencapaian ketuntasan materi sebelum dilakukan tindakan sebanyak nbsp; 11 pesrta dididk nbsp; 52 38 meningkat menjadi 14 peserta didik nbsp; 66 67 pada siklus I Pada siklus II nilai rata rata meningkat menjadi 78 86 dan pesrta didik nbsp; yang telah mencapai ketuntasan 17 pesrta didik 80 95 pada tes akhir siklus rata rata nilai pesrta didik nbsp;menjadi 80 76 pesrta didik yang telah mencapai ketuntasan 19 pesrta didik 90 47 Model nbsp;pembelajaran Kajian Kelompok mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas nbsp;VII A pada SMP N 1 Mambi karena pembelajaran dengan model Kajian Kelompok dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif inovatif kreatif dan menyenangkan < p>

Kata kunci: Partisipasi Pembelajaran IPS Model Kajian Kelompok Group Investigation < em>< strong>< p>

nbsp;< em>< strong>< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

ABSTRACT< strong>< p>

The aim of this research is to find out how to increase motivation and learning outcomes in social studies learning in the Class VII A group study model at SMP N 1 Mambi < p>

This research is Classroom Action Research TPK using the Kemmis and Taggart model which is carried out in two cycles each cycle meets twice and at the end of each cycle an assessment is carried out to determine whether there is an increase in student participation in social studies learning and mastery of social studies material The action provided is in the form of a Group Study model as an effort to improve social studies learning and increase participation and social studies learning outcomes < p>

The results of data analysis show that group study model learning can increase student activity Students have the courage to ask questions communicate answer questions from teachers friends or other groups and dare to defend their opinions when discussing The increase in social studies participation and learning outcomes can be seen from the students scores before being given action namely an average of 70 00 to 73 50 in cycle I Achievement of material completion before action was taken by 11 students 52 38 increased to 14 students 66 67 in cycle I In the second cycle the average score increased to 78 86 and 17 students had achieved completeness 80 95 in the end cycle test the average student score was 80 76 for 19 students who had achieved completeness students 90 47 The Group Study learning model is able to increase student learning participation in class VII A at SMP N 1 Mambi because learning using the Group Study model can create an active innovative creative and fun learning atmosphere < p>

Keywords: Participation Social Studies Learning Group Investigation Model< strong>< p>

nbsp;< p>

References

Arikunto Suharsimi 2006 Penelitian Tindakan Kelas Bumi Aksara Jakarta

Agib Zainal 2003 Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Insan Cendekia Surabaya

Dimyati dan Mudjiono 2002 Belajar dan Pembelajaran Rineka Cipta Jakarta

Hakim Thursan 2002 Belajar Secara Efektif Puspa Swara Jakarta

Hayati Mimin 2007 Model dan Teknik Penelitian Ruang Persada Press Jakarta

Margono S 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan Rineka Cipta Jakarta

Majid Abud 2006 Perencanaan Pembelajaran PT Remaja Rosdakarya Bandung

Sabri Ahmad 2006 Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching Bumi Aksara Jakarta

Sardiman A M 2002 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar PT Raja Grafindo Jakarta

Sudjana nana dan Ibrahim 2001 Penelitian dan Penelitian Pendidikan

Sumadi Suryabrata 2003 Metodologi Penelitian PT Raja Grafindo Persada Jakarta

Suwarsi Madya 2006 Teori dan Praktek Penilaian Tindakan Alfabet Bandung

Usman Uzer dan Lilis Setiawati 2001 Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar PT Remaja Rosdakarya Bandung

Wijaya Cece H 2001 Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia PT Rosdakarya Bandung

http: karwono files wordpress com

http: www betatnial id

www myleamit com

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KAJIAN KELOMPOK GROUP INVESTIGATION PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 MAMBI. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 207 218. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8171