PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPS KELAS 7 PADA SMPN 2 SANGGALAGI SATAP
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8172Keywords:
interest in learning, problem based learningAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Metode konvensional yang nbsp; susdah lama digunakan oleh pendidik tidak dapat membantu siswa untuk menghadapi tantangan dan kemajuan sesuai perkembangan Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa pada Kelas VII SMPN 2 SANGGALAGI SATAP Pada Materi kegiatan ekonomi masyarakat Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK Subjek penelitian adalah siswa kelas VII nbsp; yang berjumlah 20 orang siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat semester Ganjil Tahun Ajaran 2023 2024 Penelitian terdiri dari dua siklus masing masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan perlakuan observasi dan refleksi Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskriptif Teknik analisis data yang digunakan yaitu data hasil angket minat belajar siswa dan data observasi pelaksanaan dengan penerapan model pembelajaran PBL Hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning PBL pada materi kegiatan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan minat belajar dengan perolehan persentase pada siklus I 76 3 dan pada siklus II 89 Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas VII SMPN2 Sanggalagi Satap nbsp; pada materi kegiatan ekonomi masyaeakat< p>
Kata kunci: minat belajar problem based learning PBL < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
Conventional methods that have been used by educators for a long time cannot help students to face challenges and progress according to development The aim of the research is to determine whether the application of the Problem Based Learning PBL learning model can increase students interest in learning in Class VII of SMPN 2 SANGGALAGI SATAP on the subject of community economic activities This research is classroom action research PTK The research subjects were 20 class VII students on the subject of community economic activities in the odd semester of the 2023 2024 academic year The research consists of two cycles each cycle consisting of four stages namely planning action treatment observation and reflection Data collection techniques use descriptive methods The data analysis techniques used are data from student interest questionnaire results and implementation observation data using the PBL learning model The results of the research showed that the application of the problem based learning PBL learning model to the material on community economic activities experienced an increase in interest in learning with a percentage gain in cycle I of 76 3 and in cycle II of 89 Based on the research results obtained it can be concluded that the PBL learning model can increase the learning interest of Class VII students at SMPN 2 Sanggalagi Satap in the material of community economic activities < p>
Keywords: interest in learning problem based learning PBL < strong>< p>
nbsp;< p>
nbsp;< p>
References
Barrell 2007 Problem Based Learning An Inquiry approach California US Corwin Pres
Hartati et al 2018 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 12 Pare Pare
Maulidiana Meita Fitrianawati Rahya 2020 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tema 2 Materi Organ Pernafasan Hewan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 8 Nisam Antara Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan
Rizal 2019 Penerapan Model Problem Based Learning PBL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII di SMP Plus Sunan Drajat Jember Mata Pelajaran IPS Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat Semester Genap Tahun Ajaran 2018 2019 SKRIPSI tidak dipublikasikan Universitas Jember Jember
Rusmin Natalia 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Kelas V Sekolah Dasar E Proceedings ung ac id Vol 1 No 1
Saputro A O dan Theresia Sri Rahayu 2020 Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pjbl Dan Problem Based Learning Pbl Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4 1 185 193 Tersedia dalam https: ejournal undiksha ac id index php JIPP article view 24719 15020 Diakses pada tanggal 30 September
Slameto 2015 Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya Cetakan Keenam Jakarta: PT Rineka Cipta
Williams R Macdermid J Wessel J 2003 Student adaptation to problem based learning in an entry
level master s physical therapy program Physiotherapy Theory and Practice 19:199 212

ÂÂÂÂÂ