PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 3 AMBON
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8173Keywords:
Learning Motivation, Problem Based learning modelAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Dalam penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran based learning PBL pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS kelas VII di SMP Negeri 3 Ambon pada tahun pelajaran 2023 2024 semester ganjil penilitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas penelitian ini dilakukan dengan adanya kerjasama atau kolaborasi antara peneliti dengan siswa Subjek penelitian siswa kelas VII nbsp; berjumlah 23 siswa yang terdiri dari perempuan = 12 dan laki laki = 11 orang di SMP Negeri 3 Ambon teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana adapun prosedur penelitian yaitu dimulai dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan interprestasi analisis dan refleksi dengan penggunaan model PBL ini motivasi belajar siswa sebesar 10 23 pada siklus I sebesar 70 62 dan di siklus ke II mengalami peningkatan ketika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning PBL sebesar 92 16 siswa begitu aktif dalam pembelajaran < p>
Kata kunci : Motivasi Belajar Model pembelajaran Problem Based learning< strong>< p>
nbsp;< p>
nbsp;< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to increase students learning motivation through the application of the based learning PBL learning model in class VII Social Sciences IPS subjects at SMP Negeri 3 Ambon in the 2023 2024 odd semester academic year the research carried out is Classroom Action Research This research was carried out with cooperation or collaboration between researchers and students The research subjects were 23 class VII students consisting of 12 girls and 11 boys at SMP Negeri 3 Ambon Data collection techniques use simple observation and questionnaires The research procedures start from action planning action implementation observation and interpretation analysis and reflection by using this PBL model student learning motivation was 10 23 in the first cycle it was 70 62 and in the second cycle it increased when using the Problem Based Learning PBL learning model 92 16 of students were very active in learning < p>
Keywords: Learning Motivation Problem Based learning model< strong>< p>
References
Uno Hamzah B 2011 Teori Motivasi dan Pengukurannya Jakarta: Bumi Aksara
Adiputra S dan Mujiyati M 2017 Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian Meta Analisis Konselor
Sunarti Rahman 2021 Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Jurnal
M Taufikq Amir Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Jakarta :Pranada Media Group 2009
Arikunto Suhardjono 2006 Supardi Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Bumi Aksara
Padmono Y 2010 Kekurangan dan Kelebihan Manfaat Penerapan PTK Online: edukasi Kompasiana com
Lismaya L 2019 Berpikir Kritis dan PBL Problem Based Learning Surabaya: Media
Sahabat Cendekia
Sumaatmadja N ddk 2002 Konsep Dasar IPS Jakarta: Universitas Terbuka

ÂÂÂÂÂ