PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITISDAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 2 BATAUGA TAHUN PELAJARAN 2023 2024
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8174Keywords:
Problem Based Learning, critical thinking skills, learning outcomesAbstract
nbsp;< strong>< p>
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri2 Batauga tahun ajaran 2022 2023 melalui penerapan model Problem Based Learning< em> PBL Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 2 Batauga Tahun Pelajaran 2023 2024 yang berjumlah 17 siswa Prosedur penelitian meliputi tahap a Perencanaan b Tindakan c observasi d refleksi Berdasarkan hasil nbsp; penelitian proses pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning< em> PBL dapat meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis dan hasil belajar Hal ini terbukti dengan adanya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada tiap siklusnya mengalami peningkatan < p>
Berdasarkan data hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mengembangkan permasalahan pada siklus I masih kurang baik 38 nbsp; 6 siswa dari 17 siswa siklus II diketahui nilai persentase mengalami peningkatan dari siklus I dimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengembangkan permasalahan cukup baik 88 15 siswa dari 17 siswa Melalui perbandingan tersebut diketahui bahwa nilai kemampuan berpikir kritis siswa dalam mengembangkan permasalahan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Peserta dididk nbsp;lebih antusias dalam mengikuti Pelajaran ekonomi Berdasarkan hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam Pelajaran ekonomi < p>
Kata Kunci: Problem Based Learning < em> PBL kemampuan berpikir kritis hasil belajar< em>< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The aim of this research is to improve students critical thinking skills in the Economics subject in class This type of research is Classroom Action Research The subjects of this research were students in class XI IIS 2 of SMA Negeri 2 Batauga for the 2023 2024 academic year totaling 17 students The research procedure includes stages a planning b action c observation d reflection Based on research results the learning process by applying the Problem Based Learning PBL model can improve Critical Thinking abilities and learning outcomes This is proven by the increasing critical thinking skills of students in each cycle < p>
Based on data from the results of students critical thinking abilities in developing problems in cycle I which was still not good at 38 6 students out of 17 students in cycle II it was found that the percentage value had increased from cycle I where students critical thinking abilities in developing problems were quite good at 88 15 students out of 17 students Through this comparison it is known that the value of students critical thinking skills in developing problems from cycle I to cycle II has increased Students are more enthusiastic in taking economics lessons Based on this it shows that the problem based learning model can improve students critical thinking skills and learning outcomes in economics lessons < p>
Keywords: Problem Based Learning PBL critical thinking skills learning outcomes< strong>< p>
nbsp;< p>
References
Arikunto S 2013 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan: Edisi Kedua Jakarta: Bumi Aksara
Brownie N and Keeley M 2012 Pemikiran Kritis: Panduan Untuk Mengajuk dan Menjawab Pertanyaan Kritis Edisi Kesepuluh Jakarta: Indeks
Daryanto 2011 Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah: Beserta contoh contohnya Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Indriani L 2022 Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris Jurnal imiah pendidkan Indonesia 1 1 15 22 Retrieved from https: ejournal papanda org index php jlpi article view 116
Kunandar 2014 Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi: suatu Pendektan Praktis disertai dengan contoh Jakarta: PT RajaGrafindo
Maske Yamin 2011 The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking
Permendikbud 2014 Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan dasar dan Pendidikan Menengah Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Sudjana N 2011 Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suwandi S 2009 Model Assesmen dalam Pembelajaran Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS
Tukan Daniel Dike 2009 Peningkatan Kemampuan berpikir kritis siswa dengan model TASC Thinking Actively in a social context Pada Pembelajaran IPS Jurnal Pendidikan 1 1 15 29

ÂÂÂÂÂ