PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 4 KAIRATU DESA HATUSUA KECAMATAN KAIRATU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8178Keywords:
Problem Based Learning Model, Learning MotivationAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; Motivasi dan pemahaman konsep merupakan aspek yang harus dimiliki oleh peserta didik sehingga dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik < p>
Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu membuat aktivitas belajar lebih aktif sehingga berpengaruh positif pada motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik < p>
Tujuan penelitian ini adalah untuk nbsp; meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning PBL pada mata pelajaran Ekonomi kelas VII SMP Negeri 4 Kairatu Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti guru dan melibatkan keaktifan peserta didik Subjek penelitian peserta didik siklus 1 dan siklus 2 Yang menjadi populasi adalah semua peserta didik kelas 7 SMP Negeri 4 Kairatu sebanyak 28 siswa sampelnya diambil dari keseluruhan populasi < p>
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana Prosedur penelitian meliputi tahap : a perencanaan tindakan b pelaksanaan tindakan c observasi dan intrepretasi dan nbsp; d analisis dan refleksi < p>
Dari penelitian terhadap aspek aspek tersebut maka dapat di simpulkan bahwa Model pembelajaran Problem Based Learning nbsp; PBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebesar 10 54 siklus I sebesar 79 92 dan Siklus II sebesar 90 4 Peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sebesar 19 36 siklus I sebesar 75 02 dan Siklus 2 sebesar 93 10 Kesimpulan Hipotesis dapat diterima < p>
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning Motivasi Belajar< strong>< p>
nbsp;< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong>< p>
Motivation and understanding of concepts are aspects that students must have so they can follow the learning process well Based on the literature review that has been carried out PBL is a learning model that is able to make learning activities more active so that it has a positive effect on students learning motivation and understanding of concepts The aim of this research is to increase students learning motivation through the Problem Based Learning PBL learning model in class VII Economics at SMP Negeri 4 Kairatu This research uses the Classroom Action Research Method The research was carried out in collaboration between researchers teachers and involved active students The research subjects were students from cycle 1 and cycle 2 The population was all 28 grade 7 students at SMP Negeri 4 Kairatu the sample was taken from the entire population < p>
Data collection techniques use simple observation and questionnaires The research procedure includes stages: a action planning b implementation of actions c observation and interpretation and d analysis and reflection < p>
From research on these aspects it can be concluded that the Problem Based Learning PBL learning model can increase students learning motivation by 10 54 Cycle I by 79 92 and Cycle II by 90 4 The increase in student activity in learning was 19 36 Cycle I was 75 02 and Cycle 2 was 93 10 Hypothesis conclusion was acceptable < p>
Keywords: Problem Based Learning Model Learning Motivation< strong>< p>
References
Iskandar 2019 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Gedung Persada GP Press
Nana Sudjana 2017 Penelitian dan Penilaian Pendidikan Bandung: Sinar Baru Algensindo
Oemar Hamalik 2017 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman A M 2018 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta L Rajawali Press
Slameto 2018 Belajar dan faktor faktor mempengaruhi Jakarta : Rineka cipta
Widoyoko S Eko Putro 2020 Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian
Yogyakarta : pustaka belajar
Wina Sanjaya 2017 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Bandung : Kencana Prenada Media
Wlodsowski R J Jaynes J H 2019 Hasrat untuk belajar Jogakarta: Pusat Pelajar

ÂÂÂÂÂ