PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 POSO PESISIR UTARA

Authors

  • Yuddy Christina Betosi PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Iwan Kandori PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Agnes Rooroh PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8185

Keywords:

Learning outcomes, Accounting, Problem Based Learning.

Abstract

nbsp;< strong>< p>

ABSTRAK< strong>< p>

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah model pembelajaran Problem BasedLearning PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau kajian literatur Hasil yang diperoleh berdasarkanpenelitian terdahulu yakni di dapatkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi Hal ini dikarenakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa untuk berpikir kritis memecahkan masalah dan mampu menyusun pengetahuannya sendiri dengan melewati proses pemecahan pada suatu masalah yang telah dilaksanakan Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini sesuai dan relevan untuk diterapkan dalam mata pelajaran akuntansi karena pada materi tersebut membutuhkan keterampilan langsung dan pemahaman yang lebih mendalam sehingga siswa dapat lebih memahami suatu materi jika mereka harus diarahkan pada masalah nyata dan harus diselesaikan < p>

Kata kunci:Hasil belajar Akuntansi Problem Based Learning < strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< p>

ABSTRACT< strong>< p>

The aim of this research is to analyze whether the Problem Based Learning PBL learning model can improve student learning outcomes in accounting subjects This type of research is library research or literature review The results obtained are based on previous research namely that the Problem Based Learning learning model PBL can improve student learning outcomes in accounting subjects This is because the PBL learning model can improve students learning abilities to think critically to solve problems and be able to compile their own knowledge by going through the process of solving a problem that has been implemented This shows that the learning model This is appropriate and relevant to be applied in accounting subjects because this material requires direct skills and deeper understanding so that students can better understand the material if they are directed at real problems and must be solved < p>

Keywords: Learning outcomes Accounting Problem Based Learning < strong>< p>

References

Anggraini N A Djaja S dan Kartin T 2013 Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Siswa Studi kasus siswa kelas XII SMA Negeri 1 Poso Pesisir Utara Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Anita L 2003 Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang ruang kelas Jakarta: Grasindo

Arikunto S Suhardjono dan Supardi 2017 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara

Asvifah F F 2019 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Akuntansi

Listiagfiroh W dan Ellianawati E 2019 Problem Based Learning: Practicing Students Critical Thinking Skills With Cognitive Syle Dependent Fields and Independent Fields Jurnal penelitian dan Pengembangan Pendidikan

Martutik 2017 Peningkatan Hasil Belajar Memproses Karakteristik Pada Perusahaan Jasa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Narmaditya B S Wulandari D dan Sakarji S R B 2018 Does Problem Based Learning Improve Critical Thinking Skill? Jurnal Cakrawala Pendidikan 37 3

Nisak C dan Sari A R 2013 Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Akuntansi Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 11 1

Rahayuningsih M 2017 Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Pembelajaran Problem Based Learning Indonesia Journal of Education and Learning 1 1

Daryanto 2014 Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Yogyakarta: Penerbit GavaMedia

Herliani R dan Sibarani C G G 2017 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Berbasisi Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Akuntansi Jurnal Teknologi Pendidikan JTP 10 2

Hosnan M 2016 Pendekatan Saintifik Dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21 Edisi ketiga Bogor: Ghalia Indonesia

Hsu C S Yen S H dan Lai W H 2016 The Effectiveness of problem based Learning in the Accounting Course Asian Journal of Finance dan Accounting

Indonesia R Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Triandini E Jayanatha S Indrawan A Werla Putra G dan Iswara B 2019 Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan metode pengembangan sistem Informasi di Indonesia

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 POSO PESISIR UTARA. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 268 276. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8185