NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “RANTAU 1 MUARA” KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA

Authors

  • Veri Ariadi Universitas Negeri Manado
  • Nontje J Pangemanan Universitas Negeri Manado
  • Thomas J Senduk Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i06.4586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam novel “Rantau 1Muara”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik kajian isi teks atau teknik analisis kontent. Novel Rantau 1 Muara bercerita tentang tokoh utamanya bernama Alif yang awalnya mencari kerja setelah lulus kuliah karena harus menafkahi Amak dan adik-adiknya pun mendapat pekerjaan di Jakarta, disana ia bertemu dengan pujaan hatinya yang bernama Dinara. Disatu sisi Alif ingin mengejar impiannya dengan melanjutkan pendidikan S-2 nya ke Amerika. Sampai suatu hari ia mengalami kejadian yang tak akan pernah dilupakan pada saat tanggal 11 September di New York saat terjadi kecelakaan pesawat dan menyebabkan banyaknya korban jiwa dan Mas Garuda yang tak dapat ditemukan. Dari hasil analisis data, dalam novel ini Ahmad Fuadi menyajikan beberapa nilai-nilai pendidikan diantaranya yaitu: nilai religius, nilai moral, nilai sosial dan nilai budaya.

References

Djojosuroto, K. 2019. Analisis Teks Sastra dan Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.

Erni, S. Alkatuuk, U.M.K, & Kamagi, L. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel “Guru Hidupmu Hanya untuk Kami” Karya Edelweis Almira serta Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMP. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni - Kompetensi. Vol 3, No 1 (2015) http://portalgaruda.fti.unisula.ac.id

Istanti, S. 2012. Citra Perempuan dalam Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habibuhrahman El. Shirazy: Tinjauan Kritik Sastra Feminis. Skripsi. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhamadyah. https://eprints.ums.ac,id.

Jakob, S. dan Saini. K.M. 1986. Antologi Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Maru, Mister Gidion et all. “Bibliotherapy in the Pandemic Time: A Bibliometric Analysis”. International Conference on Social Science 2022 “Integrating Social Science Innovations on Post Pandemic Through Society 5.0” (ICSS 2022). Vol 149.

Maru, Mister Gidion. (2018). The Jeremiad Approach: From Language Learning to Text Interpretation. Lembah Manah. Yogyakarta.

Mira. W. 2018. Ketika Hati telah Memilih. Jakarta: PT Gramedia Utama.

Moleong, L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Angkasa.

Suwarsono, V., Pangemanan N.J, dan Meruntu, O.S., 2020. Nilai Pendidikan karakter dalam Dongeng “Mamanuan dan Walansendow dan Burung Kekekow yang Malang dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di Sekolah”. Jurnal Bahtra, vol. 2. 2020. ejournal.unima.ac.id.

Pantow, F., Ratu, D., dan Meruntu O.S. 2020. Nilai-nilai Moral dalam Teks Anekdot Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Bahtra, vol. 2. 2020. ejournal.unima.ac.id).

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Ariadi, V., Pangemanan, N. J. ., & Senduk, T. J. (2022). NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “RANTAU 1 MUARA” KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA BAGI PEMBELAJARAN SASTRA. KOMPETENSI, 2(06), 1445-1457. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i06.4586