KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IX SMP KATOLIK ST. FRANSISKUS DE SALLES KOKOLEH

Authors

  • Sonia S. Kansil Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Selviane E. Mumu
  • Nontje J. Pangemanan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i12.5836

Keywords:

Kemampuan menulis, Teks Anekdot, Audiovisual, Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas IX SMP Katolik St. Fransiskus De Salles Kokoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah metode penelitian yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Sumber data 24 siswa yaitu kelas IX SMP Katolik St. Fransiskus De Salles Kokoleh. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yaitu tes menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas IX dilihat dari 4 kategori penilaian yaitu kategori amat baik, baik, sedang, dan kurang. siswa yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anekdot dengan kategori amat baik sebanyak 8 siswa (33,3%), siswa yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anekdot dengan kategori baik sebanyak 9 siswa (37,6%), siswa yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anekdot dengan kategori sedang sebanyak 7 (29,16%), dan siswa yang memiliki tingkat kemampuan menulis teks anedot dengan kategori kurang sebanyak 0 siswa. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan menulis berada pada kategori baik pada interval 72-89. Jadi diketahui bahwa kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas IX SMP Katolik St. Fransiskus De Salles Kokoleh masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81,67.

References

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi pendidikan Karakter

Bandung. Penerbit Angkasa. Bandung: Nuansa.

Indariani. 2016. Kemahiran Menulis Teks Anekdot Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan 2 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016. Tanjungpinang. Dalam Jurnal (Online) (http://jurnal.umrah.ac.id/).

Pantow, F,M, Ratu D.M. & Meruntu, O.S. 2021. Nilai-nilai Moral dalam Teks Anekdot Abdurrahman Wahid 9Gus Dur) dan Implikasinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal BAHTRA. Volume 2, Tahun 2021. Ejournal.unima.ac.id. http://ejournal.unima.ac.id.

Semi, M.A (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Siang, A., Monoarfa, S., Pangemanan, N.J.2021. Pembelajaran Menyimak Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK. Jurnal BAHTRA. Volume 2, Tahun 2021. Ejournal.unima.ac.id. http://ejournal.unima.ac.id.

Sumenda, Hilda. (2020). Penerapan Strategi Think Pare Share Dalam Pembelajaran Memahami Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Siau Barat. Skripsi JPBSI FBS UNIMA. Siau : Universitas Negeri Manado

Wuisang, J.I., Wengkang, T.I., Polii I.J. 2020. Kemampuan Menganalisis Unsur-Unsur Pembentuk Iklan dalam Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tondano. Jurnal BAHTRA. Volume 1, No 2. Tahun 2020. Ejournal.unima.ac.id. http://ejournal.unima.ac.id.

Downloads

Published

2023-03-11

How to Cite

Kansil, S. S., Mumu, S. E. ., & Pangemanan, N. J. . (2023). KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IX SMP KATOLIK ST. FRANSISKUS DE SALLES KOKOLEH. KOMPETENSI, 2(12), 1887-1895. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i12.5836