PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON

Authors

  • Friliana M. Rindengan Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Jusuf D. Ondang Universitas Negeri Manado
  • Diane M. Tengker Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5886

Keywords:

Talking stic learning model, learning outcomes

Abstract

Model pembelajaran yang inovatif dan menarik, akan membuat para pelajar tertarik serta nyaman dalam belajar dan paling utama memahami materi pelajaran. Model pembelajaran talking stick merupakan model pembelajaran yang berbasis permainan sehingga bisa membuat siswa semangat dalam belajar dan membuat suasana kelas menjadi aktif ketika proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pelajaran bahasa Jepang di SMA Katolik Karitas Tomohon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dimasukkan dalam tabel perhitungan kemudian dihitung dengan menggunakan rumus uji-t. Setelah dihitung maka diperoleh hasil yang sangat baik yaitu t=7,60. Hasil yang diperoleh dikatakan berhasil karena melewati taraf signifikan tinggi dan taraf signifikan rendah atau trasio > ttabel. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, dapat dibuktikan bahwa model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Jepang.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Lensun, Sherly. 2019. Pelatihan Model Pembelajaran bagi Guru-guru Bahasa Jepang di Manado. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1).

Maufur, Hasan Fauzu. 2009. Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikkan. Semarang: Sindur Press.

Ondang, Jusuf Daniel. 2019. Program

Pengalaman Lapangan 1. Manado:

LP2AI UNIMA.

Rakian, S. (2020). Penggunaan Multimedia Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Praktis Pada Karyawan Objek Wisata Sumaru Endo Kecamatan Remboken. Edupreneur: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat bidang Kewirausahaan, 3(1), 7-12.

Runtuwarouw, J. J. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 MANADO. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2249-2254.

Sarajar, D. R. (2021). EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN BAHASA JERMAN SEBAGAI BAHASA ASING DI SMA NEGERI I TONDANO. KOMPETENSI, 1(07), 644-654.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yulianti, Nining. 2021. Penguasaan Vocabulary dalam Memahami Descriptive Text dengan Make a Match bermedia Tumbar. Sukabumi: CV Jejak.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Rindengan, F. M., Ondang, J. D. ., & Tengker, D. M. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON. KOMPETENSI, 3(02), 2022-2031. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i02.5886