PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE VISUAL IMAGINATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Calvin S. L. Mantiri Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Ruth C. Paath Universitas Negeri Manado
  • Oldie S. Meruntu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6297

Keywords:

Teks Anekdot, Visual Imagination, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk menjelaskan penerapan metode visual imagination dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tondano. Penelitian ini juga disusun untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot bertema tema sosial dengan menggunakan visual imagination. Penelitian berlangsung pada bulan Februari 2023 di SMA Negeri 1 Tondano dengan 19 siswa dari kelas X-2 sebagai sumber datanya. Pendekatan deskriptif analitik digunakan oleh penulis dalam melaksanakan penelitian ini. Tes dan obrsevasi menjadi instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan formula persentase yang dikemukakan Arikunto (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode visual imagination dalam pembelajaran menulis teks anekdot bertema sosial dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Metode tersebut juga membantu siswa untuk memamahi materi dengan lebih baik dan mampu mendorong mereka untuk dapat menemukan ide-ide menarik dalam proses menulis. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa di kelas X-2 dalam pembelajaran menulis teks anekdot adalah 73,15. Angka ini mengindikasikan bahwa rata-rata siswa telah cukup mampu menguasai pembelajaran menulis teks anekdot bertema sosial.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi 5). Rineka Cipta.

Basari, A. (2014). Penguatan kurikulum muatan lokal dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(1).

Bude, M. Y., Loho, J. J., & Pangemanan, N. J. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Dalam Menulis Teks Anekdot Siswa. KOMPETENSI, 2(04), 1265-1278.

Dalman, H. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fathoni, A. (2015). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1).

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 686-692.

Hendriana, H. dan Afrilianto, M. (2014). Panduan bagi Guru Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PT. Refika Aditama

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(05), 148-156.

Kansil, S. S., Mumu, S. E., & Pangemanan, N. J. (2022). Kemampuan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas IX SMP Katolik St. Fransiskus de Salles KOKOLEH. KOMPETENSI, 2(12), 1887-1895.

Lestari, H. (2020). Ragam Metode Pembelajaran. Kediri: PT Pemeral Edukreatif.

Mamonto, N., Paath, R. C., & Polii, I. J. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Gambar Alam Siswa Kelas VII SMP. KOMPETENSI, 2(10), 1714-1719.

Mulyati, L. (2018). Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 187-194.

Mulyati, L. (2018). Penggunaan media komik strip dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot di SMK Negeri 1 Sumedang. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 187-194.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Ningsih, N. M. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik. Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 31-42.

Nurgiantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Rachmawati, R. (2018). Analisis keterkaitan standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD) dalam implementasi kurikulum 2013. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(34), 231-239.

Rahman, A. (2022). Upaya peningkatan standar kompetensi lulusan. Adiba: Journal Of Education, 2(1), 122-132.

Rianto, T. (2019). CCM Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA dan MA Rangkuman Bahasa Indonesia SMA MA SBMPTN. Bumi Aksara.

Rofi’uddin, A & Zuhdi. A. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi Surabaya. Universitas Negeri Malang.

Siang, A., Monoarfa, S., & Pangemanan, N. J. (2021). Pembelajaran Menyimak Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMK. Jurnal Bahtra, 2(1).

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Edisi Revisi 2). Rineka Cipta.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21-31.

Widaningsih, I. (2019). Strategi dan inovasi pembelajaran bahasa indonesia di era revolusi industri 4.0. Uwais Inspirasi Indonesia.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Mantiri, C. S. L., Paath, R. C. ., & Meruntu, O. S. . (2023). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI METODE VISUAL IMAGINATION PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TONDANO. KOMPETENSI, 3(7), 2393-2401. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i7.6297