KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK

Authors

  • Sheren Riany Pakekong Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado
  • Oldie Stevie Meruntu Universitas Negeri Manado
  • Selfvi Suroni Dorkas Torar Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.6394

Keywords:

Keterampilan menulis, Menulis teks berita, Model Investigasi Kelompok

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menggambarkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII dengan menggunakan model investigasi kelompok; dan (2) menggambarkan penggunaan model investigasi kelompok dalam proses pembelajaran teks berita pada siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tondano dengan siswa kelas VIII A sebagai objek penelitiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini memberi informasi dan menambah pengetahuan kepada khalayak ramai mengenai peristiwa yang baru saja berlangsung atau yang dapat menarik perhatian orang banyak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Penilaian terhadap karya siswa didasarkan pada kriteria kelengkapan unsur berita: keruntutan pemaparan, penggunaan kalimat, penggunaan kosakata, pemilihan judul, dan ketetapan penggunaan ejaan dalam teks. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tondano  tergolong mampu, dengan rincian nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 83,25%. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan metode investigasi kelompok dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII dapat meningkatkan kualitas pembelajaran teks berita. Meski demikian, pengujian pada sampel yang beragam disarankan agar dapat memperdalam pembahasan di kemudian hari.

References

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaaaran. Alfabeta

Bangun, E. P., Koagouw, F. V., & Kalangi, J. S. (2019). Analisis Isi unsur kelengkapan berita pada media online manadopostonline. com. Acta Diurna Komunikasi, 1(3).

Budiyono, H. (2012). Mengembangkan paragraf sesuai fungsi dan posisi dalam rangka menulis sebuah tulisan esai. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2).

Hidayat, T. W. (2015). Analisis Berita Kesehatan di Media Massa terhadap Pelayanan Publik. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 1(2).

Holik, A. (2021). Peningkatan Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan Metode Cooperative Learning Standar Kompetensi Dzikir dan Do’a Setelah Sholat pada Siswa Kelas IV SD Negeri Wibawamulya 01 Kabupaten Bekasi. Jurnal Pedagogiana, 9(8), 175-185.

Kokasih. (2017). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Kemendikbud.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul: Konsep dan Aplikasi. PT Refika Adiatama.

Manangka, G. N. (2022). Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks Berita Dengan Model Teams Group Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tombulu. KOMPETENSI, 2(07), 1534-1544.

Mirontoneng, D., Sepang, E. A., & Monoarfa, S. (2021). Pembelajaran Menyimak Teks Pidato Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tabukan. Jurnal Bahtra, 2(2).

Momongan, Paath, R. C. dan Meruntu, O. (2015. Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Model Pembelajaran “Think Pair Share” (TPS) Siswa Kelas XC SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Kompetensi, 3(2).

Posumah, Y. R., Ratu, D. M., & Meruntu, O. S. (2021). Penerapan Teknik Identitas Korporat dalam Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 04 Kawangkoan. Jurnal Bahtra, 2(1).

Renza, M. A., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 445-451.

Sahempa, O., Mandang, F. H., dan Palar, W. R. (2014). Kemampuan Menentukan Kelas Kata Bahasa Indonesia Melalui Model STAD Siswa Kelas VIII SMP Gonzaga Tomohon. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni-Kompetensi, 2(2).

Sumarni. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media Publishing.

Tarigan, H. G. (1985). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa

Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64.

Winataputra, U. S. (1996). Model-Model Pembelajaran. PAUPPAI Universitas Terbuka.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran menulis di sekolah dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1-6. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.311.1

Downloads

Published

2023-09-05

How to Cite

Pakekong, S. R., Meruntu, O. S. ., & Torar, S. S. D. . (2023). KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK. KOMPETENSI, 3(8), 2484-2495. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v3i8.6394