PELATIHAN SELF-COMPASSION TERHADAP ATTITUDE SISWA SMP KRISTEN TOMOHON

Authors

  • Putri O. Tahir Universitas Negeri Manado
  • Mersty E. Rindengan Universitas Negeri Manado
  • Marssel M. Sengkey Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9549

Keywords:

Self-Compassion, Attitude, Quasi-Experimental Design

Abstract

Self-compassion merupakan sikap positif dan kasih sayang terhadap diri sendiri. sedangkan attitude merupakan sikap mental yang dimiliki seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pelatihan self-compassion dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap attitude siswa SMP Kristen Tomohon. Populasi dan  sampel dalam penelitian ini yaitu kelas 8a dan 8b SMP Kristen Tomohon dimana pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experimental design (kuasi-eksperimen) yang menggunakan  jenis penelitian pre-test and post-test with non-equivalent control-group design. Hasil penelitian menunjukkan Pelatihan Self-Compassion berpengaruh signifikan dalam meningkatkan attitude siswa SMP Kristen Tomohon yang dapat dilihat dari hasil analisis paired sample t-test yang memperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Adapun tingkat attitude siswa pada pada kelompok eksperimen dilihat dari rata-ratanya mengalami kenaikan sebesar 21,91%, dimana pada masing-masing aspeknya yaitu afektif sebesar 26,61%, kognitif sebesar 25,42% dan konatif sebesar 15%.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Tahir , P. O., Rindengan, M. E. ., & Sengkey, M. M. (2024). PELATIHAN SELF-COMPASSION TERHADAP ATTITUDE SISWA SMP KRISTEN TOMOHON. PSIKOPEDIA, 5(3), 227-234. https://doi.org/10.53682/pj.v5i3.9549

Issue

Section

Journal