Evaluasi Pelayanan KTP Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado

Authors

  • Rahma Alhasni Unima
  • Nancy Onibala Universitas Negeri Manado
  • Margareth Rantung Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/administro.v5i1.6542

Keywords:

Evaluasi, Pelayanan, E-KTP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Evaluasi Pelayanan KTP Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado yang difokuskan pada wilayah Kecamatan Tuminting yang merupakan salah satu wilayah di Kota Manado yang sebagian penduduk belum mendapatkan E-KTP walaupun sudah melakukan perekaman data. Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 26 tahun 2011 tentang penerapan program pendataan kependudukan berbasis digitalisi yang diharapkan dengan diterapkannya program ini akan membantu pemerintah dalam pendataan penduduk secara akurat serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa proses pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Tuminting masih belum  maksimal yang dilihat pada prosedur pelayanan, kemampuan petugas pelayanan dan kecepatan pelayanan. 

Our editor speaking at the PKP conference

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Alhasni, R., Onibala, N. ., & Rantung, M. (2023). Evaluasi Pelayanan KTP Elektronik (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado. Jurnal Administro : Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 7-11. https://doi.org/10.53682/administro.v5i1.6542