Fungsi Pengawas Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kecamatan Tondano Selatan

Authors

  • Steva Runtu Universitas Negeri Manado
  • Thelma Wawointana Universitas Negeri Manado
  • Margareth Rantung Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/administro.v5i1.6910

Keywords:

Pengawas Sekolah Dasar, Kualitas, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi pengawas dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Tondano Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat fokus penelitian yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: 1) Monitoring yang sudah dilakukan secara langsung namun terdapat kendala yaitu keterbatasan tenaga pengawas dan waktu 2) Assessment, sudah dilakukan dan masih banyak guru muda belum mengetahui aspek apa saja yang dinilai dan supervisor belum memiliki sandart penilaian subjektif dan supervisor 3) Pembinaan, sudah dilakukan melalui KKG namun tidak terencana 4) Pelaporan, rutin dilakukan namun tidak ditindaklanjuti oleh pihak berwajib setelah komputer dan masalah jaringan yang menghambat pelaporan

Our editor speaking at the PKP conference

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Runtu, S., Wawointana, T., & Rantung, M. (2023). Fungsi Pengawas Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kecamatan Tondano Selatan. Jurnal Administro : Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 44-48. https://doi.org/10.53682/administro.v5i1.6910