Analisis Pelayanan Publik Secara Online Di Polda Sulut
DOI:
https://doi.org/10.53682/administro.v5i2.8298Keywords:
Pelayanan Publik, SKCK Online, Polda SulutAbstract
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk menggali informasi dan menganalisis Pelayanan Publik Penerbitan SKCK Online di Polda Sulut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis agar dapat menemukan informasi yang seluas-luasnya terkait objek penelitian sehingga permasalahan utama dapat tergambar dengan jelas sekaligus dapat mengidentifikasi solusi yang tepat. Adapun fokus penelitian ini yaitu pelayanan publik secara online aplikasi SKCK di Polda Sulut dengan 4 subfokus yaitu kemudahan akses, bersifat interaktif, lebih efisien, dan kesederhanaan proses. Temuan dalam penelitian ini yaitu pelayanan publik penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Online di Polda Sulut sudah berjalan namun belum dimanfaatkan secara optimal sehingga penumpukan antrian masih terjadi. Aplikasi SKCK Online mudah diakses namun sosialisasi belum optimal, aplikasi pendaftaran penerbitan SKCK Online di Polda Sulut belum bersifat interaktif dan efisien, selanjutnya proses pendaftaran melalui aplikasi tersebut sudah sederhana tetapi masih terbatas. Selanjutnya sebagai masukan bahwa Pelayanan SKCK Online di Polda Sulut harus mempertahankan kualitas pelayanan publik yang ada saat ini, dan perlu dioptimalkan berkaitan dengan 4 (empat) indikator pelayanan publik online sebagai subfokus dalam penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Billy Rompas, Evi Masengi, Thelma Wawointana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.