Akuntabilitas Pelayanan PDAM Tirta Sejuk Terhadap Kebutuhan Air Bersih Di Blangkejeren

Authors

  • Nancy Onibala Universitas Negeri Manado
  • Khaidir Ali Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.53682/administro.v6i1.9212

Keywords:

Akuntabilitas, Pelayanan, Kebutuhan Air Bersih

Abstract

Perusahaan daerah air minum (PDAM) adalah salah satu BUMD yang dimiliki pemerintah daerah. PDAM bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem penyedia air bersih untuk memberikan layanan yang lebih murah kepada konsumen. Air bersih adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari, karena itu sangat penting. Studi ini mengevaluasi kualitas layanan PDAM Tirta Sejuk terhadap kebutuhan air bersih Blangkejeren. Untuk mendapatkan gambaran sistematis, faktual, dan akurat tentang masalah yang diteliti, metode kualitatif dengan analisis deskriptif digunakan. Wujud, empati, daya tanggap, kepercayaan, dan jaminan adalah indikator yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan yang diberikan kepada pelanggan cukup baik dan memuaskan karena tanggapan petugas terhadap berbagai masalah dengan kebutuhan air bersih di Blangkejeren. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang menjadi hambatan: infrastruktur bangunan yang kurang mendukung, seperti bak penampungan air yang belum ada dan penyaring air, yang membuat kualitas air bersih bergantung pada cuaca.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Onibala, N., & Ali, K. (2024). Akuntabilitas Pelayanan PDAM Tirta Sejuk Terhadap Kebutuhan Air Bersih Di Blangkejeren. Jurnal Administro : Jurnal Kajian Kebijakan Dan Ilmu Administrasi Negara, 6(1), 1-5. https://doi.org/10.53682/administro.v6i1.9212