Implementasi Kebijakan Peningkatan Penyelenggaraan Pelayanan Publik melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.53682/administro.v6i1.9530Keywords:
Implementasi, Kebijakan, Peningkatan Pelayanan Publik, Mal Pelayanan PublikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi kebijakan peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik melalui Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kota Manado. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis menurut Miles and Huberman, dilakukan secara interaktif melalui proses data reduksi, tampilan data dan verifikasi. Sumber datanya yaitu melalui observasi dilapangan serta hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, pelaksanaan pelayanan publik di MPP perlu ditingkatkan dengan memperhatikan beberapa hal, yakni dari segi prinsip maupun komponen pelayanan publik serta transparansi pengelolaan sistem informasi baik elektronik maupun non elektronik. Kedua, pelayanan barang dan jasa yang dikelola oleh beberapa pihak harus memperhatikan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Ketiga, peran birokrasi di MPP harus tetap memegang teguh aspek pencapaian tujuan pelayanan publik dengan memperhatikan kepuasaan masyarakat dan stakeholders. Keempat, meningkatkan proses pelayanan publik seiring dengan pengembangan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing global disemua aspek layanan di MPP kota Manado
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stenlie Rattu, Novel Assa, Rahma Alhasni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.