HUBUNGAN SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU SCHADENFREUDE PADA MAHASISWA PRODI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FIK-KM UNIMA
Abstract
: Schadenfreude merupakan sikap atau perasaan senang melihat kesulitan dan kegagalan
orang lain. Salah satu factor yang mempengaruhi Schadenfreude adalah Self-esteem. Tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Self-esteem dengan perilaku Schadenfreude
pada mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat FIK-KM UNIMA. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak
424 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 165 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan
stratified random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Self-esteem
yang mengacu pada Rosenberg Self-esteem Scale (RSES) yang terdiri dari 2 aspek yaitu Self
Competence dan Self Liking dan Skala Schadenfreude yang di adopsi dari penelitian Melania Sulfira
(2023) berdasarkan apek yang dikembangkan oleh Syahid, dkk (2021). Hasil penelitian menunjukkan
koefisien korelasi sebesar -0,288 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) yang menandakan bahwa
terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara Self-esteem dan Schadenfreude. Artinya
semakin tinggi Self-esteem maka semakin rendah Schadenfreude, begitupun sebaliknya. Berdasarkan
hasil penelitian terdapat 8% pengaruh Self-esteem terhadap Schdenfreude, sehingga Self-esteem hanya
memiliki 8% kontribusi dalam menurunkan atau meningkatkan Schadenfreude.
Kata Kunci: Mahasiswa, Self-esteem, Schadenfreude
Abstract: Schadenfreude is an attitude or feeling of being happy to see other people's difficulties and
failures. One of the factors that influences Schadenfreude is self-esteem. The aim of this research is to
determine the relationship between Self-esteem and Schadenfreude behavior in students of the Public
Health Science Study Program FIK-KM UNIMA. This research uses a quantitative approach with
correlational methods. The total population in this study was 424 students with a sample size of 165
students. Sampling used stratified random sampling. The instrument used in this research is the Selfesteem Scale which refers to the Rosenberg Self-esteem Scale (RSES) which consists of 2 aspects,
namely Self Competence and Self Liking and the Schadenfreude Scale which was adopted from
research by Melania Sulfira (2023) based on the aspects developed by Syahid, et al (2021). The
research results show a correlation coefficient of -0.288 with a significance of 0.000 (p < 0.05) which
indicates that there is a very significant negative relationship between Self-esteem and Schadenfreude.
This means that the higher Self-esteem, the lower the Schadenfreude, and vice versa. Based on the
research results, there is an 8% influence of Self-esteem on Schdenfreude, so that Self-esteem only has
an 8% contribution in reducing or increasing Schadenfreude.
Keywords: Students, Self-esteem, Schadenfreude