Pelatihan Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Kontekstual di MTSS Plus Tarbiyah Tondano

Authors

Keywords:

Model pembelajaran, Pelatihan, Pembelajaran kontekstual

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MTsS Plus Tarbiyah Tondano dalam mengembangkan materi pembelajaran berbasis kontekstual Pembelajaran kontekstual dianggap mampu menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata peserta didik sehingga dapat meningkatkan pemahaman motivasi belajar dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi ceramah diskusi dan praktik Peserta kegiatan ini adalah guru MTsS Plus Tarbiyah Tondano berjumlah 10 orang Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep pembelajaran kontekstual serta kemampuan dalam merancang materi ajar yang relevan dengan lingkungan dan pengalaman peserta didik Secara keseluruhan telah terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pembelajaran berbasis kontekstual yang ditunjukkan dari peningkatan skor dari 34 11 pre test menjadi 87 11 post test Dengan demikian kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di MTsS Plus Tarbiyah Tondano < p>

Author Biographies

  • Ferdinand Kerebungu, Manado State University

    Program studi pendidikan sosiologi

  • Hamsah Hamsah, Manado State University

    Program studi pendidikan sosiologi

  • Miftahul Jannah, Manado State University

    Program studi ilmu kimia

References

Asnawi A Mulyahati B Fransyaigu R 2023 Penguatan kompetensi guru dalam pelatihan pembuatan bahan ajar e komik di sekolah dasar Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 1 407 412

Hamsah H Rorimpande G C Fatimah H S Enjeling L Mamonto N 2024 Pencegahan Perilaku Bullying di Sekolah melalui Penggunaan Aplikasi Diary Online pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta MTsS Plus Tondano Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara 8 3 684 695

Hufri H Dwiridal L Sari S Y 2021 Peningkatan kompetensi guru guru ipa smp mtsn lubuk sikaping melalui pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 6 1 170 177

Jannah M Rampe M J Hasmiati H Undap H A F 2024 Pendampingan Pembuatan Asap Cair dari Limbah Jerami Padi untuk Bio pestisida pada Kelompok Tani Diat 1 Bolaang Mongondow Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara 8 3 798 809

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan T Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah 2024 Indonesia: BN 2024 172

Lawe Y U Pau M 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 6 1 64 74

Taufik A 2019 Analisis karakteristik peserta didik El Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman 16 01 1 13

Wulandaningrum E A 2021 Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual 5 2 327 336

Yanti R A 2022 Penerapan model pembelajaran kontekstual contextual teaching and learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas Griya Cendikia 7 2 660 669

Zubaedi 2012 Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan Jakarta: Kencana

Zubaidah S UM J 2017 Pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Dengan Tema Inovasi Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi Di Universitas Muhammadiyah Makassar

Published

2025-03-05