Pemberdayaan Ekstrakurikuler Math Club di MTsN 6 Tanah Datar
Keywords:
Ekstrakurikuler, Math ClubAbstract
Kegiatan ekstrakurikuler math club ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa serta mengatasi kesulitan belajar siswa terkait materi di kelas VII dan VIII. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 23 Orang. kegiatan math club ini dilaksanakan secara online dan offline. Online dilaksanakan melalui via WhatsApp, dan Offline akan dilaksanakan di sekolah di luar Proses Belajar Mengajar (PBM), dengan metode yang digunakan adalah metode CBPR (Community-Based Participatory Research). Kegiatan math club ini dilakasanakan satu kali seminggu jika offline, dan setiap hari apabila online. Pelaksanaan secara offline terlaksana hanya satu kali pertemuan dikarenakan banyak faktor yang menghambatnya, seperti bentroknya dengan kegiatan ekstrakurikuler lain, waktu pelaksanaan yang memumpuni. Sedangkan pelaksanaan secara online terlaksana dengan baik, siswa akan bertanya apabila mengalami kesulitan belajar, ataupun bertanya terkait materi yang tidak dimengertinya. Setelah dilakukannya pembagian angket respon kepada siswa, dapat dikatakan bahwa setelah dilaksanakannya kegiatan Math Club ini siswa mengalami peningkatan terhadap minat belajar, motivasi belajar dan hasil belajar matematika mereka. Dan siswa juga dapat memahami dengan baik mengenai materi yang sulit dimengertinya sebelum ia mengikuti kegiatan Math Club.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.