Pemberdayaan Ekstrakurikuler Math Club di MTsN 6 Tanah Datar

Authors

  • Des Auri Fransiska UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Zawata Afnan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Isra Nurmai Yenti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Arnetti Arnetti Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Keywords:

Ekstrakurikuler, Math Club

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler math club ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa serta mengatasi kesulitan belajar siswa terkait materi di kelas VII dan VIII. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 23 Orang. kegiatan math club ini dilaksanakan secara online dan offline. Online dilaksanakan melalui via WhatsApp, dan Offline akan dilaksanakan di sekolah di luar Proses Belajar Mengajar (PBM), dengan metode yang digunakan adalah metode CBPR (Community-Based Participatory Research). Kegiatan math club ini dilakasanakan satu kali seminggu jika offline, dan setiap hari apabila online. Pelaksanaan secara offline terlaksana hanya satu kali pertemuan dikarenakan banyak faktor yang menghambatnya, seperti bentroknya dengan kegiatan ekstrakurikuler lain, waktu pelaksanaan yang memumpuni. Sedangkan pelaksanaan secara online terlaksana dengan baik, siswa akan bertanya apabila mengalami kesulitan belajar, ataupun bertanya terkait materi yang tidak dimengertinya. Setelah dilakukannya pembagian angket respon kepada siswa, dapat dikatakan bahwa setelah dilaksanakannya kegiatan Math Club ini siswa mengalami peningkatan terhadap minat belajar, motivasi belajar dan hasil belajar matematika mereka. Dan siswa juga dapat memahami dengan baik mengenai materi yang sulit dimengertinya sebelum ia mengikuti kegiatan Math Club.

Published

2024-03-31