Workshop Anti Bullying pada Santri di Pondok Pesantren Seputih Banyak, Provinsi Lampung
Keywords:
Perundungan, Pesantren, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Fenomena bullying banyak terjadi di lingkungan pendidikan baik jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Bullying tidak hanya terjadi di sekolah umum, namun juga banyak terjadi lembaga pendidikan Islam seperti di pondok pesantren dimana seluruh siswa atau biasa di sebut santri berasal dari berbagai macam daerah sehingga memiliki sifat dan karakteristik budaya yang berbeda juga. Tujuan dari kegiatan workshop dalam rangka pengabdian kepada masyarakat di Pondok Pesantren Seputih Banyak, Provinsi Lampung ini adalah dalam rangka mencegah terjadinya perilaku bullying, memberikan pemahaman mengenai bullying, bentuk bullying, dan dampak bullying bagi kesehatan mental remaja. Pencegahan bullying yang dilakukan melalui workshop ini menggunakan berbagai metode seperti ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan workshop ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam memberikan pemahaman santri mengenai pengertian, bentuk, dan dampak bullying.
References
Athi Linda Yani, Indah Winarni, R. L. (2016). EKSPLORASI FENOMENA KORBAN BULLYING PENDAHULUAN Bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan secara berulang dan melibatkan adanya kekuatan fisik antara korban dan pelaku . Di Indonesia , Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI ) merilis data ba. Jurnal Ilmu Keperawatan, (2), 99–113.
Mesra, R., Anton, E., Monica, S., & Iskandar, A. C. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley dan Turnitin Guna Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Karya Tulis Ilmiah di SMA Negeri 1 Tondano. Abdi Masyarakat, 5(1), 56–67.
Nashiruddin, A. (2019). Fenomena Bullying Di Pondok Pesantren Al-Hikmah Kajen Pati. Quality, 7(2), 81. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6295
Nurlelah & Syarifah Gustiawati Mukri. (2019). Nurlelah & Syarifah Gustiawati Mukri. Fikrah: Joirnal of Islamic Education, 3.
Retnowuni, A., & Yani, A. L. (2022). Ekplorasi Pelaku Bullying di Pesantren. Borobudur Nursing Review, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.31603/bnur.7356
Runtunuwu, Y. B. (2023). PKM Bagi Masyarakat Wangurer tentang Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–31.
Setiyaningsih, S. A., & Mesra, R. (2024). Fenomena Bullying dan Implikasinya terhadap Siswa di SD Negeri 02 Tambaharjo. ETIC (EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL), 1(2), 55–61.
Umbase, R. S. (2023). PKM Sekolah Ramah Anak di Kabupaten Minahasa. BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 19–25.
Wahani, E. T., Isroini, S. P., & Setyawan, A. (2022). PENGARUH BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL REMAJA The Effect of Bullying on Adolescent Mental Health. EduCurio Jurnal, 1.
Wantania, T. (2023). PKM Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Rukun Esa Lalan, Kelurahan Kleak, Kota Manado. BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.