Meningkatkan Kemampuan Menari Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Tari Kreasi “Tari Nusantara” di Mi Nurul Huda Sadar Sriwijaya

Authors

  • Fadhil Hardiansyah
  • Asa Faren Nugrahani IAIN Metro
  • Nadia Putri Ardian
  • Lisyana Nur Afifah
  • Desi Masayu Putri
  • Zanuba Arrifa Aqsho

Keywords:

Tari, Kreasi, Kemampuan

Abstract

Pengabdian ini mengeskplorasi mengenai makna dan kreatifitas tari kreasi dalam kehidupan bersosial di desa Sadar Sriwijaya. Tujuan dari Pengabdian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menari anak Sekolah Dasar melalui kegiatan tari kreasi “Tari Nusantara”. Pengabdian ini menggunakan desain PTK yang dilakukan dengan menggunakan 2 siklus dan 4 kali pertemuan. Jumlah anak yang diteliti sebanyak 9 anak dari MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam Pengabdian ini meliputi observasi langsung dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk menentukan peningkatan proses belajar melalui tindakan yang diberikan. Pada Pengabdian ini triangulasi atau membandingkan dengan bantuan teman sejawat yang sama-sama melakukan Pengabdian dan guru kolabolator pihak ahli dalam hal Pengabdian. Simpulan dari Pengabdian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan menari anak sekolah dasar di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya dari siklus 1 sebesar 22% naik menjadi 100% pada siklus 2 dengan dengan jumlah anak 9 orang yang memiliki perkembangan Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Persentase pada siklus 2 pertemuan 2 sudah mencapai keberhasilan maka keputusannya adalah Pengabdian dihentikan.

References

Amalia, S. A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Tari Melalui Tari Kreasi Anak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Aulia Pontianak Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Pendidikan Islah Anak Usia Dini, 53(9),

Aziz, M., Tikollah, Mu., Sahade, Aziz, F., & Samsinar. (2023). Pengabdian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(4), 1–23.

Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (2021). Pentingnya Pengabdian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. A Bantam Books, 14, 72–73.

Djibran, F., & Pamungkas, J. (2023). Pembelajaran Tari Tradisional untuk Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 876–886.

Haida, G., Samsidar, S., & Daulay, F. (2023). Tarian Kreasi sebagai Sarana Efektif Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7277–7287.

Ilmi, G. S. F., Wulandari, R. S., & ... (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Semut. … Pendidikan Anak …, 1–10.

Mikaresti, P., & Mansyur, H. (2022). Pewarisan Budaya Melalui Tari Kreasi Nusantara. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(1), 147.

Minarti, Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Tarian Kreasi Tradisional Dolanan Meningkatkan Kemampuan Seni Anak SD Negeri 1 Bendoharjo. Jurnal Pengabdian Tindakan Kelas, 1(1), 34–38.

Putri, N. P. W., Sukendri, N., Wiguna, I. B. A. A., & Andari, I. A. M. Y. (2024). Pengenalan Nilai Seni Nusantara Pada Anak Usia Dini Melalui Tari Kreasi Wonderland. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 153–162.

S, M. A., & Manggau, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Kinestetik Melalui Tari Kreasi Tk Tunas Harapan Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Pengabdian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 34.

Suparmi, N. K. (2022). Pembelajaran Tari Topeng Pengarat Dengan Media Video Bagi Siswa SMP Negeri 1 Tanjung. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19–27.

Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62.

Wantania, T. (2023). PKM Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Rukun Esa Lalan, Kelurahan Kleak, Kota Manado. BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–18.

Yuliastuti, S. M., Kurniah, N., & Ardina, M. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 25–30.

Published

2024-12-09