Mendorong Kreativitas Anak melalui Program Edukasi Tanpa Gadget Di Kelurahan Sumur Meleleh, Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu
Keywords:
Kreativitas Anak, Edukasi Tanpa Gadget, Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Belajar Mengaji, Kerajinan TanganAbstract
Program pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan kambali kreativitas tradisional anak-anak dengan melakukan rangkaian aktivitas dan kegiatan yang mendidik tanpa gadget di Kelurahan Sumur Meleleh, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Kegiatan pengabdian ini berupa belajar mengaji dan membuat kerajinan tangan. Munculnya ide kagiatan ini dilandasi atas dasar untuk meminimalisir aktifitas anak-anak terfokus pada penggunaan perangkat elektronik atau Handpone. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kembali interaksi sosial dan keterampilan gerak anak-anak yang seharusnya lebih banyak bermain dan berinteraksi bersama teman-temannya. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini menggunakan metode pendekatan partisipatif, melalui pendekatan ini anak-anak diajak aktif pada semua proses kegiatan yaang dilaksanakan. Kegiatan belajar mengaji bukan hanya meningkatkan nilai-nilai keagamaan dan moral anak-anak, tetapi juga meningkatkan keinginan anak untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca dan memahami surat-surat dalam Al-Quran. Sementara itu, kegiatan kerajinan tangan berfokus pada pengembangan kreativitas dan keterampilan tangan yang bersifat tradisional, berupa melipat kertas warna-warni, menggambar, dan membuat barang-barang sederhana seperti gelak dari manik-manik. Hasil dari kegiatan memperlihatkan adanya perubahan yang nyata dalam intensitas interaksi sosial, kemampuan untuk konsentrasi, dan kemampuan berkreasi anak. Anak-anak juga memperlihatkan kemauan dan antusias dalam kegiatan non-digital dan dapat membangun kerjasama secara natural dengan temannya yang lain. Kesimpulan dari kegiatan ini mengindikasikan bahwa program edukasi tanpa gadget dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mendukung perkembangan holistik anak-anak di era digital. Selain itu, program ini juga memberikan kontribusi positif terhadap komunitas setempat dengan mengedukasi orang tua mengenai pentingnya membatasi penggunaan gadget dan menyediakan aktivitas alternatif yang bermanfaat bagi anak-anak.
References
Arlina, A., Sari, D. P., Safitri, D., Tiara, I., & Nisa, T. K. (2023). Analisis Faktor Penyebab Menurunnya Minat Mengaji Dan Solusinya Bagi Anak Usia Sekolah di Desa Tanah Tinggi Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies, 3(1), 88–97. https://doi.org/10.56832/mudabbir.v3i1.265
Ayuningtyas, F., Permadhy, Y. T., & Riyantini, R. (2022). Pendampingan “Cerdas dalam Penggunaan Gadget” Bagi Anak-Anak. Charity : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 90–99.
Azizah, E., Setyono, D. C., Jannah, S. C., & Munawaroh, H. (2024). Pengaruh Teknologi,Gadget Terhadap Perkembangan Anak. 3(1), 62–76.
Balbina, W. M. A. (2021). Intensitas Menggunakan Gadget Mempengaruhi Kualitas Tidur Anak Sekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan, 12(04), 190–200.
Dewi, R. S. (2016). Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Desa Balonggandu. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(2), 156–165. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/1161
Firadhani, S. R., Septianty, A., Azzahra, N., Rozi Nasution, F., & Lestari, A. I. (2021). Analisis Pengaruh Gadget Terhadap Minat Anak-Anak Dalam Belajar Alquran Di Lingkungan 13, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan. Pkm-P, 5(2), 154. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v5i2.969
Hasdiana, U. (2018). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MENGAJI ANAK USIA DINI Indah. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/
Hermawan, E., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2023). Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan Partisipatif Membawa Pembangunan Pada Masyarakat Desa. Distingsi: Journal of Digital Society, 1(2), 2023.
Ibrahim1, Burhanuddin2, M. Saleh2, M. Sobry3, Akhmad Syafruddin4, S. (2022). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia Implementasi Pemberdayaan Melalui Budidaya Ikan Nila Melalui Ekstensif Plus Masa Pandemi Covid-19 Di Pagesangan Kota Mataram. Jppmi, 1(Februari).
Indriantika, D. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dan Potensi Sumber Daya Manusia di Desa Tenjolaya. Proceedings Uin Sunan Gunung, November. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/277%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/277/237
Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini Di Paud Dan Tk Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208–213. https://doi.org/10.37859/jp.v9i1.1092
Munawaroh, A., & Pavytha, V. I. (2023). Kurangnya Minat Remaja Dalam Belajar Al- Qur ’ an Akibat Pengaruh Canggihnya Teknologi Informasi. Jurnal Al-Mau’izhoh, 5(2), 460.
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Wardani, I. K. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan “Soft Skill Pembuatan Krupuk Samiler” Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Di Desa Jatisela. Abdi Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.58258/abdi.v4i1.3868
Wulandari, S., Reski, S. M., Nasution, Y. A., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.6939
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 BAKU INGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.