Implementasi Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Plantae di SMA Negeri 3 Tondano
Keywords:
Media pembelajaran, aplikasi android, plantaeAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk implementasi aplikasi mobile learning berbasis android pada materi plantae di SMA Negeri 3 Tondano. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan sembilan langkah yang diajukan Kemp dan Dayton (1985) yang sudah di modifikasi oleh Rengkuan (2012) menjadi 4 langkah pokok yaitu; (1) Persiapan; (2) Perancangan; (3) Pengembangan; (4) Uji coba. Hasil penilaian terhadap prototipe implementasi aplikasi mobile learning berbasis android pada materi plantae oleh ahli isi/materi pembelajaran diperoleh persentase kelayakan sebesar 93,75 % dengan kategori sangat tinggi dan layak, tidak perlu direvisi. Sementara penilaian oleh ahli media pembelajaran diperoleh persentase kelayakan sebesar 88.75% dengan kategori tinggi dan layak, tidak perlu direvisi. Kesimpulannya materi plantae di SMA layak digunakan dan dikembangkan pada media pembelajaran aplikasi mobile learning.
ABSTRACT
This study aims to implement an Android-based mobile learning application on Plantae in SMA Negeri 3 Tondano. This research is a Research and Development (R&D) research using nine steps proposed by Kemp and Dayton (1985) which have been modified by Rengkuan (2012) into 4 main steps, namely; (1) Preparation; (2) Design; (3) Development; (4) Testing. Product Results for the prototype implementation of Android-based mobile learning applications on plantae material by content/learning material experts the proportion of feasibility is 93.75% with a very high and feasible category, no need to revise While services by instructional media experts obtained the proportion of feasibility of 88.75% with the high and feasible category, no need to be revised. In conclusion, the plantae material in high school is suitable for use and developed in the learning media for mobile learning applications.