Implementasi Inkuiri Terbimbing Secara Daring Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI MIA Di SMA Negeri 1 Tondano
Keywords:
inkuiri terbimbing, hasil belajar siswa, konvensionalAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing secara daring pada materi sistem peredaran darah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan 2 subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Tondano tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data diperoleh dari pre-test dan posttest kelas eksperimen, pretest dan posttes kelas kontrol. Dari uji normalitas diperoleh data yang berdistribusi normal, dan rata-rata keseluruhan nilai n-gain pada pretest dan post-test untuk kelas Kontrol adalah 65,79 dan kelas eksperimen adalah 75,22. Hasil analisis data dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh t_hitung = -5,9048 <t_tabel = -1,711. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah, karena hasil belajar siswa dengan model inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
ABSTRACT
The research to determine the effect of applying the online guided inquiry on circulatory system topic to improving outcomes learning. This research used a quasi-experimental design with 2 subjects, namely class XI MIA 1 as the experimental class and class XI MIA 3 as the control class at SMA Negeri 1 Tondano 2020/2021 year academic. Data collection techniques from the pre-test and post-test experimental class, pre-test and post-test control class. From the normality test, data were normally distributed, and the overall average n-gain value at the pre-test and posttest for the control class was 65.79 and the experimental class was 75.22. The results of data analysis with a significance level of 0.05 obtained t count = -5.9048 <t table = -1.711. Based on these results, it can be concluded that the guided inquiry model can improve student learning outcomes on the circulatory system material, because student learning outcomes with guided inquiry models are higher than student learning outcomes using conventional learning models.