Efektivitas Penggunaan Model NHT dengan Setting Mnemonic dalam Pembelajaran PPKn di SMA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10069Keywords:
Model Numbered heads together, Mnemonic, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 13 Buru Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan non equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 13 Buru Selatan. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik random sampling untuk memilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan perlakuannya yaitu menggunakan model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic dan kelas XB sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk minat belajar PPKn. Analisis data menggunakan uji-t independent sample dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 , dengan demikian kelas XA yang menggunakan pembelajaran model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic memiliki skor rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XB yang menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model numbered heads together (NHT) dengan setting mnemonic lebih efektif atau dapat meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.
References
Budiningsih, D. N., Ayu, D., Ratnani, S., & Diarta, I. M. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Mind Mapping. 12(September).
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Mataram, U., Mataram, K., & Barat, N. T. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Assessment For Learning Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Siswa. 06(03), 433–440.
Gracia, A. P., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 3(2), 436–446. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.338
Kagan, S. (1994). Cooperative Learning. San Juan Capistrano, Kagan. San Juan Capistrano, CA : Kagan Cooperative Learning.
Mika Dwi Permata, Irwan Koto, I. S. (2018). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Kumparan Fisika, 1.
Priyanto, A. M. E. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Ppkn Di SMK DR. Tjipto Semarang. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.
Putnam, A. L. (2018). Mnemonics In Education : Current Research And Applications. 1(July), 130–139. Https://Doi.Org/10.1037/Tps0000023
Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. 9, 15–32.
Rush, S. I. P. S. (2020). Model Pembelajaran Mnemonik Bantu Siswa Mengingat Sejarah. 1–7.
Rusman. (2017). Belajar Dan Pembeljaaran. Kencana.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sudirman, F. (2023). Interest And Learning Motivation With Student Participation. September. Https://Doi.Org/10.22373/Psikoislamedia.V7i2.13794
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cet. 21). Alfabeta.
Sukarelawa, I. (2024). N-Gain Vs Stacking (T. K. Indratno (Ed.)). Suryacahya.
Suroiyah, E. N., Ma’arif, A. S., Wijaya, M., & Sholihah, L. (2024). Activating The Mnemonic Learning Model To Enhance Student Motivation In Mts Miftahul Ulum Situbondo. 4(1). Https://Doi.Org/10.25217/Mantiqutayr.V4i1.4039
Syela Ari Astuti. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 3 Kalikotes, Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. 1–35.
Verawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SFE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 3 Branti Raya.
Wibawa, S., Abdi, A., & Maisyarah. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn KELAS X DI SMA BINTANG LANGKAT. Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(2), 25–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sariyati Sariyati, Lisye Salamor, Aisa Abas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.