Efektivitas Penggunaan Model NHT dengan Setting Mnemonic dalam Pembelajaran PPKn di SMA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jce.v8i2.10069Keywords:
Model Numbered heads together, Mnemonic, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model numbered heads together< em> NHT dengan setting mnemonic < em>sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 13 Buru Selatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design< em> dengan rancangan non equivalent control group design < em>Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 13 Buru Selatan Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik random sampling < em>untuk memilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol Kelas yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan perlakuannya yaitu menggunakan model numbered heads together< em> NHT dengan setting mnemonic< em> dan kelas XB sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional < em>Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk minat belajar PPKn Analisis data menggunakan uji t independent sample< em> dengan menggunakan program SPSS 25 Hasil penelitian menunjukkan nilai sig 2 tailed adalah sebesar 0 000 lt; 0 05 dengan demikian kelas XA yang menggunakan pembelajaran model numbered heads together< em> NHT dengan setting mnemonic< em> memiliki skor rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XB yang menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model numbered heads together< em> NHT dengan setting mnemonic< em> lebih efektif atau dapat meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional < p>
References
Budiningsih D N Ayu D Ratnani S Diarta I M 2022 Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together NHT Berbasis Mind Mapping 12 September
Fauzi A Rahmatih A N Studi P Guru P Dasar S Mataram U Mataram K Barat N T 2023 Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together NHT Berbasis Assessment For Learning Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Matematika Siswa 06 03 433 440
Gracia A P Anugraheni I 2021 Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar 3 2 436 446 Https: Doi Org 10 31004 Edukatif V3i2 338
Kagan S 1994 Cooperative Learning San Juan Capistrano Kagan San Juan Capistrano CA : Kagan Cooperative Learning
Mika Dwi Permata Irwan Koto I S 2018 PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU Kumparan Fisika 1
Priyanto A M E 2019 Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together NHT Pada Mata Pelajaran Ppkn Di SMK DR Tjipto Semarang Carbohydrate Polymers 6 1 5 10
Putnam A L 2018 Mnemonics In Education : Current Research And Applications 1 July 130 139 Https: Doi Org 10 1037 Tps0000023
Reski N 2021 Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh Jurnal Inovasi Penelitian 1 11 2485 2490
Rohmawati A 2015 Efektivitas Pembelajaran 9 15 32
Rush S I P S 2020 Model Pembelajaran Mnemonik Bantu Siswa Mengingat Sejarah 1 7
Rusman 2017 Belajar Dan Pembeljaaran Kencana
Slameto 2003 Belajar Dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhinya Rineka Cipta
Sudirman F 2023 Interest And Learning Motivation With Student Participation September Https: Doi Org 10 22373 Psikoislamedia V7i2 13794
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif Dan R D Cet 21 Alfabeta
Sukarelawa I 2024 N Gain Vs Stacking T K Indratno Ed Suryacahya
Suroiyah E N Ma arif A S Wijaya M Sholihah L 2024 Activating The Mnemonic Learning Model To Enhance Student Motivation In Mts Miftahul Ulum Situbondo 4 1 Https: Doi Org 10 25217 Mantiqutayr V4i1 4039
Syela Ari Astuti 2020 Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together NHT Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 3 Kalikotes Klaten Tahun Pelajaran 2019 2020 1 35
Verawati 2019 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SFE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 3 Branti Raya
Wibawa S Abdi A Maisyarah 2022 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN Pkn KELAS X DI SMA BINTANG LANGKAT Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan 11 2 25 30


