Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu <p><strong>Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan</strong> <strong>(JCE) </strong>merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil penelitian di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.<strong>Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan</strong> <strong>(JCE) </strong>merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah/Hasil penelitian di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan.</p> en-US civiceducation@unima.ac.id (Theodorus Pangalila) theopangalila@unima.ac.id (Theodorus Pangalila) Sat, 28 Dec 2024 05:06:07 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Efektivitas Penggunaan Model NHT dengan Setting Mnemonic dalam Pembelajaran PPKn di SMA https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10069 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model <em>numbered heads together</em> (NHT) dengan <em>setting mnemonic </em>sebagai upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri 13 Buru Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah <em>quasi eksperimental design</em> dengan rancangan <em>non equivalent control group design. </em>Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 13 Buru Selatan. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik <em>random sampling </em>untuk memilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan perlakuannya yaitu menggunakan model <em>numbered heads together</em> (NHT) dengan <em>setting mnemonic</em> dan kelas XB sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional<em>.</em>Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk minat belajar PPKn. Analisis data menggunakan uji-t <em>independent sample</em> dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 &lt; 0,05 , dengan demikian kelas XA yang menggunakan pembelajaran model <em>numbered heads together</em> (NHT) dengan <em>setting mnemonic</em> memiliki skor rerata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas XB yang menggunakan pembelajaran dengan metode konvensional. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model <em>numbered heads together</em> (NHT) dengan <em>setting mnemonic</em> lebih efektif atau dapat meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional.</p> Sariyati Sariyati, Lisye Salamor, Aisa Abas Copyright (c) 2024 Sariyati Sariyati, Lisye Salamor, Aisa Abas https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10069 Sat, 28 Dec 2024 00:00:00 +0000 Peran Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo dalam Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Anak melalui Art And Culture Project di Kota Surakarta https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10262 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo dalam meningkatkan karakter peduli sosial anak melalui <em>art and culture project </em>di Kota Surakarta. Sumber data dalam penelitian meliputi informan yaitu Ketua Komunitas Senyum Anak Nusantara, Ketua Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo, peserta <em>art and culture project, </em>orang tua dari peserta <em>art and culture project </em>serta dokumen kurikulum <em>art and culture project </em>Tahun 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah <em>purposive sampling </em>dan <em>snowball sampling</em>. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam secara langsung, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles dan Huberman&nbsp; meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Komunitas Senyum Anak Nusantara (SAN) Chapter Solo telah melaksanakan perannya dalam meningkatkan karakter peduli sosial anak yaitu sebagai tempat bertukar informasi yang dapat meningkatkan rasa toleransi anak-anak, sebagai tempat untuk saling menguatkan yang dapat meningkatkan rasa tolong menolong dan toleran tanpa diskriminatif, sebagai wadah pembentukan karakter melalui proses pembiasaan yang dapat meningkatkan rasa tolong menolong, kerja sama, membiasakan untuk berbuat sopan dan santun kepada anak-anak dan toleran, serta sebagai fasilitator yang dapat mengajarkan anak-anak untuk menyelesaikan masalah secara damai.</p> Wida Syafira, Winarno Winarno, Muhammad Hendri Nuryadi Copyright (c) 2024 Wida Syafira, Winarno Winarno, Muhammad Hendri Nuryadi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10262 Sat, 28 Dec 2024 00:00:00 +0000 Urgensi Pembelajaran Etika Digital sebagai Upaya Pencegahan Cyberbullying di Perguruan Tinggi https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10445 <p>Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui urgensi pembelajaran etika digital sebagai upaya pencegahan <em>cyberbullying</em> di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan sumber referensi yang kredibel dan relevan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa etika digital harus diajarkan di perguruan tinggi khususnya untuk mencegah <em>cyberbullying</em>. Mengingat maraknya kasus-kasus yang terjadi di dunia digital, menyebabkan adanya degradasi moral khususnya pada mahasiswa. Pembelajaran ini tidak hanya berfokus pada penggunaan teknologi dengan benar, tetapi juga mendidik mahasiswa tentang tanggung jawab dan konsekuensi dari perilaku mereka di dunia maya. Pentingnya pembelajaran etika digital juga terletak pada kemampuannya untuk membentuk karakter dan meningkatkan kesadaran mahasiswa mengenai perilaku online yang baik. Melalui kurikulum yang mengintegrasikan etika digital, mahasiswa dapat menghindari <em>cyberbullying</em>. Selain itu, peran pendidik dan kompetensinya dalam memberikan pembelajaran juga harus kompeten dan relevan dengan tuntutan zaman. Dengan demikian, pembelajaran etika digital menjadi kunci dalam menciptakan budaya positif di dunia maya.</p> Winarno Winarno, Destiny Destiny, Yuyus Kardiman Copyright (c) 2024 Winarno Winarno, Destiny Destiny, Yuyus Kardiman https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10445 Sat, 28 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Ambon https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10470 <p>Kepribadian yang positif dan mendukung cenderung mampu memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sehingga seorang guru harus mampu menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dan menarik serta dapat memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan minat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa yang ada di SMA Negeri 1 Ambon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif regreasi karena mencoba mencari hubungan antara variabel kompetensi kepribadian guru(X) dan motivasi belajar siswa(Y). Subjek dalam penelitian ini adalah 72 siswa dan 25 guru. Berdasarkan hasil analisis Indikator kompetensi kepribadian guru penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru SMA Negeri 1 Ambon tergolong sedang, dengan jumlah guru sebanyak 32% atau 8 orang yang masuk dalam kategori baik. Sedangkan Di SMA Negeri 1 Ambon, 36% siswa atau 26 siswa memiliki motivasi belajar sedang, berdasarkan hasil penelitian dan indikator motivasi belajar yang ada. Sehingga kesimpulannya yaitu Terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan karakter guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambon sebesar 4,584%. Hal ini berarti bahwa keterampilan karakter guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, sehingga apabila keterampilan karakter baik maka motivasi belajar siswa juga baik.</p> Vivin Ayuasthika, Lisye Salamor, Marlyen sharly Sapulette Copyright (c) 2024 Vivin Ayuasthika, Lisye Salamor, Marlyen sharly Sapulette https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10470 Sat, 28 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Nilai Guna Taman Baca terhadap Minat Baca Siswa Studi Kasus SMP N 18 Maluku Tengah https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10478 <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi pengaruh .​ nilai guna taman baca terhadap minat baca siswa Smp Negeri 18 Maluku Tengah. Penelitian ini dilakukan di SMP N 18 Maluku Tengah dengan sampel sebanyak 28 siswa dari kelas VIII-1, dengan waktu penelitian dari tanggal 14 agustus 2024 – 14 september 2024. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan berbagai uji analisis data . dari kuesioner. Dengan hipotesis <strong>H</strong><strong><sub>1</sub> : </strong>adanya pengaruh nilai guna taman baca terhadap minat baca siswa. <strong>H</strong><strong><sub>0</sub> : </strong>tidak adanya pengaruh nilai guna taman Membaca berdasarkan kebutuhan membaca siswa . Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian . data tersebut akurat dan dapat diandalkan . Uji regresi adalah 530.823 Koefisien determinasi ( R2 ) adalah 0,324. Ini menunjukkan bahwa . 32.4% terlibat dalam pengaruh nilai guna taman baca terhadap minat membaca siswa di SMP N 18 Maluku Tengah dan sisanya 67 .​6% dipengaruhi oleh faktor lain . Dan dengan mendukung Hasil wawancara terhadap 10 responden dan observasi mahasiswa di wilayah penelitian peneliti .​ada yang mengatakan bahwa dampak nilai kegunaan taman baca tersebut diikuti hasil yang baik bagi minat siswa di SMP.N 18 Maluku Tengah.</p> Hamdani Hatuwe, Lisye salamor, Marlyen Sharly Sapulette Copyright (c) 2024 Hamdani Hatuwe, Lisye salamor, Marlyen Sharly Sapulette https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10478 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0000 Digital Pragmatism in Education: Reconstructing Learning Paradigms through Sociological Lens of Digital Platforms https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/11019 <p><em>This study aims to explore digital pragmatism in education through sociological and philosophical lenses, focusing on the reconstruction of learning paradigms in the digital era. Qualitative literature study methods are used to analyze epistemological, pedagogical, and structural transformations in the digital ecosystem. The study uses an interdisciplinary approach, exploring theories from digital sociology, the philosophy of pragmatism, social constructivism, and critical theory. The main findings show that digital platforms are not just a medium, but a complex social space that shapes and is shaped by knowledge practices. Digital pragmatism gives rise to a network epistemology model, transforms the role of educators, and opens up a multi-perspective negotiation space for meaning. The study recommends the development of a responsive pedagogical framework, critical digital literacy, and an interdisciplinary approach in understanding the dynamics of educational technology. The theoretical and practical implications of this study contribute to a comprehensive understanding of educational transformation in the digital era.</em></p> Romi Mesra, Jamaris Jamaris, Sufyarma Sufyarma Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/11019 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0000 Dampak Perceraian Orang Tua terhadap Pendidikan Anak di Desa Gorua Utara Kabupaten Halmahera Utara https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10681 <p>Penelitian ini didorong oleh keprihatinan peneliti terhadap fenomena perceraian orang tua yang antara lain disebabkan oleh kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), persoalan finansial, adanya orang ketiga/perselingkuhan, dsb. Perceraian tidak hanya berdampak kepada orang tua saja, melainkan berdampak buruk juga terhadap kondisi kejiwaan dan pendidikan anak sebagaimana fenomena yang terjadi di Desa Gorua Utara, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang sejauhmana dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Gorua Utara. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: 1) dampak perceraian orang tua terhadap pendidikan anak di Desa Gorua Utara, Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara, diantaranya: a) anak mengalami gangguan psikologis dan mental seperti menyalahkan diri sendiri, rasa kehilangan, serta rasa putus asa; dan b) prestasi pendidikan anak menjadi buruk karena hilangnya konsentrasi, motivasi dan semangat belajar. 2) upaya yang dapat dilakukan untuk menangani masalah pendidikan anak akibat perceraian orang tua yaitu memberikan dukungan psikososial kepada anak oleh <em>stakeholder</em> seperti Pemerintah Desa, KUA, pihak Sekolah dan Tokoh Masyarakat, mengawasi pergaulan anak korban perceraian, serta memberikan bantuan finasial untuk kelanjutan pendidikan anak.</p> Wahyudin Noe, Tirai Seng, Fatimah Sialana, Hasmawati Hasmawati Copyright (c) 2024 Wahyudin Noe, Tirai Seng, Fatimah Sialana, Hasmawati Hasmawati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/civic-edu/article/view/10681 Mon, 30 Dec 2024 00:00:00 +0000