IMPLEMENTASI KETERAMPILAN REFLEKSI PERASAAN KONSELI OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM KONSELING INDIVIDUAL

Authors

  • Eka Guslia Angraini Universitas Palangkaraya
  • Sunaryo Sunaryo Universitas Palangkaraya
  • Romiaty Universitas Palangkaraya
  • Rusviani Alfaria Christin Universitas Palangkaraya
  • Fani Alfari Stevana Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.53682/educouns.v2i1.2128

Keywords:

Keterampilan Refleksi perasaan, Bimbingan Konseling, Konseling Individual

Abstract

Keterampilan refleksi adalah teknik memfokuskan perasaan klien pada pada sesi konseling. Sehingga perasaan yang ragu-ragu atau kabur dapat menjadi lebih jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi keterampilan refleksi guru BK di SMKN-1 Palangkaraya dalam pelaksanaan konseling individual terhadap siswa. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penjelasan pada penelitian ini lebih jabarkan oleh sumber data dalam penelitian ini harus sampai jenuh atau dapat dikatakan pernyataan yang ada didalam penelitian tidak berubah-ubah. Sampel pada penelitian ini berjumlah 12 orang yang terdiri dari 4 guru BK dan 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru BK SMKN-1 Palangkaraya menampilkan keterampilan perasaan pada saat konseling yang diawali dengan mendengarkan secara cermat, menafsirkan perasaan yang tersirat, dan merumuskan dalam kalimat jelas yang berisi tentang perasaan. Disimpulkan bahwa guru BK melakukan keterampilan refleksi perasaan dengan baik, sehingga itu yang membuat siswa sering datang keruang BK. Didukung dengan pernyataan siswa pada saat wwawancara setelah mengikuti konseling bahwa mereka merasa lega dan secara jelas memahami perasaan mereka sendiri.

References

Effendi, K. (2015). Proses dan Keterampilan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Geldard, K. & Geldard, D. (2011). Keterampilan Praktik Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gibson, R.L., dkk. (2011). Bimbingan dan Konseling Edisi Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moleong. L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Netrawati et al. (2018). The Implementation of Basic Counseling Technique in Elementary School For Helping The Development and Alleviating Student's

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta

Sisdiknas. (2010). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fm. Fokusmedia

Willis, S. (2011). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Angraini, E. G. ., Sunaryo, S., Romiaty, Christin, R. A. ., & Stevana, F. A. . (2021). IMPLEMENTASI KETERAMPILAN REFLEKSI PERASAAN KONSELI OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM KONSELING INDIVIDUAL. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 65-69. https://doi.org/10.53682/educouns.v2i1.2128

Issue

Section

Articles