STRATEGI GURU BK DALAM MENGATASI KRISIS IDENTITAS

Authors

  • Rahayu Dwi Lestari Universitas Negeri Manado
  • , Meisie L. Mangantes Universitas Negeri Manado
  • Rinna Y. Kasenda Universitas Negeri Manado
  • Dominicus Tinus Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/educouns.v2i1.2129

Keywords:

Strategi Guru BK, Krisis Identitas

Abstract

Penelitian ini diawali dari permasalahan yang ditemui di lapangan mengenai krisis identitas pada siswa. Kebanyakan dari mereka tidak sadar bahkan tidak paham dengan tugas mereka sebagai siswa. Mereka tidak tahu harus bersikap, berprinsip, berharap, dan berbuat apa ditengah kehidupan yang penuh dengan pilihan pola pikir yang menawarkan ‘kebenaran’ mereka masing-masing. Skripsi ini adalah hasil penelitian kualitatif degan judul “Strategi Guru BK dalam Mengatasi Krisis Idetitas pada Siswa di SMA Negeri 3 Kotamobagu”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi guru BK dalam mengatasi krisis identitas pada siswa dan mengidentifikasi hambatan yang dialami guru BK dalam mengatasi krisis identitas pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari informan primer dan informan sekunder untuk memperkuat hasil dari data yang sudah diperoleh. Dari hasil penelitian dapat diketahui adanya beberapa strategi yang digunakan guru BK untuk menmbantu siswa dalam mengatsi krisis identitas yang dialami. Ada 2 strategi yang digunakan, pertama pembuatan layanan informasi dan yang kedua pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Yang mana kedua strategi tersebut sedikit banyak mampu untuk menanggulangi permasalahan krisisi identitas pada siswa. Beberapa layanan tersebut lebih bersifat preventif.

References

Djumhur. (1975). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung : CV Ilmu.

Hidayah, N & Huriarti. (2016). Krisis Identitas pada Remaja : Sulesana (Online), Vol. 10, No. 1, (http://journal.uin-alauddin.ac.id/, diakses 20 Februari 2020), h. 49-51

Juntika, A. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : Review Aditama.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara : Jurnal Pendidikan LPPM UM METRO, (Online). Vol 1 No 1, Juni 2016. (http://ojs.ummetro.ac.id, diakses tanggal 18 Januari 2021)

Suniawati, K., Suarni, N.K & Putri, D.A.W.M. (2014). Efektifitas Teori Karier Holland Melalui Layanan Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa : Jurnal Online Bimbingan, (Online). Vol 2 No 1 tahun 2014. (http://ejournal.undiksha.ac.id, diakses tanggal 18 Januari 2021)

Sukardi, D. K. (2002). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rileks Cipta

Yulianti, N. (2012). Krisis Identitas sebagai Problem Psikososial Remaja. Yogyakarta : LaksBang PRESindo

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Lestari, R. D. ., Mangantes, , M. L. ., Kasenda, R. Y. ., & Tinus, D. . (2021). STRATEGI GURU BK DALAM MENGATASI KRISIS IDENTITAS . Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 70-74. https://doi.org/10.53682/educouns.v2i1.2129

Issue

Section

Articles