KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN INFORMATIF STUDI KARIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XII

Authors

  • Abdul Muhid
  • Muhammad Muhlasin
  • Arienda Fintania Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53682/educouns.v3i1.3099

Keywords:

Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Informatif, Studi Karir

Abstract

The enthusiasm of students in achieving learning goals is influenced by intrinsic and extrinsic factors. Intrinsic factors include motivation, talent, interest, and personality. While extrinsic factors include the role of parents, the learning process at school, and the social environment. Especially in class XII students who are in a tentative period in determining their careers. Career planning and maturity are obtained through informative guidance services. Therefore, this study aims to determine the contribution of informative career study guidance services in increasing learning motivation. The research method focuses on a literature review approach or literature review. The results showed that there was a contribution of informative guidance services in increasing learning motivation in class XII students.

References

Agustin, S., Nurmaliza, N., Sastra, A., Meliza, W., & Loviya, M. (2021). Identifikasi Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 7–13. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7105

Aisyah Nurjanah, S., & Aryani, A. (2020). Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 219–233. https://doi.org/10.38075/tp.v14i2.121

Aliyas, R., Ismail, M. I., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. 05(01), 15.

Aminuddin, D., & Mulyadi, M. (2020). Efektivitas Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kemampuan Perencaanaan Karir Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6365

Ar Noya, M. D., & Salamor, J. M. (2020). Peran Konselor Sekolah dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Psikologi Konseling, 16(1). https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.19143

Aziz, A., & Putri Siswanto, K. A. (2018). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Kematangan Karir pada Siswa SMA. ANALITIKA, 10(1), 7. https://doi.org/10.31289/analitika.v10i1.1492

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cahyati, Y., Rosra, M., & Widiastuti, R. (2020). Peningkatan Kemantapan Pilihan Karir Melalui Layanan Konseling Kelompok REBT pada Siswa SMK. Universitas Lampung, 08(02). https://doi.org/2301-9824

Dalimunthe, H. L. (2017). Pelatihan “Masa Depanku” untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA Negeri X Yogyakarta. 01(02), 12.

Erryanti, A., Widiastuti, R., & Andriyanto, R. E. (2019). Penggunaan Layanan Informasi dengan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Universitas Lampung, 06(04).

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Rewards dan Punishment yang Positif. 06(02).

Gozali, A. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Coution : journal of counseling and education, 1(2), 36. https://doi.org/10.47453/coution.v1i2.117

Gunawan, R. (2018). Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa di Sekolah. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.33541/sel.v1i1.766

Hanan, A. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan konseling Siswa Kelas VIII.C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. 03(01).

Herin, M., & Sawitri, R. D. (2017). Dukungan Orangtua dan Kematangan Karir pada Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. Universitas Diponegoro, 06(01), 301–306.

Izzatul Yuanita, D. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aswaja Siswa di Madrasah. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 144. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i1.561

Jannah, R. (2021). Layanan Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. STAIN Attanwir Bojonegoro, 01(01). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jbki/article/view/115

Jati, W., Triyadi, T., Sudarso, A. P., Maulana, S. R., & Yuangga, K. D. (2020). Memperkuat Motivasi Belajar dengan Penyusunan Rencana Karir SMK Sasmitajaya. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 2(2), 86–89. https://doi.org/10.32672/btm.v2i2.2128

Khoir, A., Janudin, J., Octovian, R., Astuti, W., & Tura, T. B. (2021). Memperkuat Motivasi Belajar dengan Penyusunan Rencana Karir SMK SASMITA. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i1.9885

Krismona, E. B., Purwaningrum, R., & Surur, N. (2021). Pengembangan Aplikasi “Kawan SMK” untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut pada Siswa SMK. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 11(1), 31. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.8591

Kurniati, N., Sinta, V., & Ismail, K. (2020). Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Buay Madang. 04(02), 12.

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. 4(2), 10.

Lesi Ayu, G. F., Koryati, D., & Jaenudin, R. (2019). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Program Lintas Minat pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.36706/jp.v6i1.7876

Mawarny, E., & Wardani, E. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar dan Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Kualitas Belajar dan Prestasi. Universitas Pamulang, 1, 5.

Miharja, S. (2019). Pengaruh Bimbingan Karir pada Kematangan Karir dan Efikasi Diri. 2(2), 27.

Muna, I. N., & Sa’dijah, C. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Pelanggaran Moral di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) KOTA. 4, 7.

Natasha, A. L., Siregar, M. R. A., & Jayawinangun, R. (2020). Strategi Komunikasi Penyuluhan Guru Bimbingan Konseling dalam Membantu Siswa Menentukan Jurusan di Perguruan Tinggi. 4, 10.

Nelissa, Z., Astuti, S., & Martunis, M. (2018). Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Siswa dalam Proses Pemilihan Jurusan Pendidikan Lanjutan (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 78. https://doi.org/10.29210/02018198

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Nuraqmarina, F., & Risnawati, E. (2018). Keputusan Pemilihan Karir: Studi Komparatif pada Siswa Remaja Jurusan IPA dan IPS. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 231–240. https://doi.org/10.15575/psy.v5i2.3068

Nurlela, N., & Surtiyoni, E. (2020). Barriers to the maturity of student’s career planning as millennial generation. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.26858/jppk.v6i1.13442

Permata, M. M., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2019). Peran Parental Career Spesific Behavior dan Trait Kehidupan Terhadap Perilaku Eksplorasi Karir Siswa SMA Kelas XI (Studi pada Sekolah X di Jakarta Barat). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(2), 671. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i2.2221

Pradnyawati, N. K. S. W., & Rustika, I. M. (2019). Peran Konsep Diri dan Persepsi Anak Mengenai Harapan Orangtua terhadap Kematangan Pemilihan Karir pada Siswa SMA di Kota Denpasar. Universitas Udayana, 174–182.

Prastyo, G. M., & Kurniawan, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Ma Nurul Huda. 6.

Pusparini, K. D. C., Suma, K., & Suswandi, I. (2020). Hubungan Motivasi Intrinsik, Persepsi Siswa, Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26719

Putri, R. D. (2017). Peningkatan Arah Perencanaan Karir Siswa Melalui Layanan Informasi. 15(03), 14.

Qonitatin, N., & Kustanti, E. R. (2021). Models of Career Maturity in Adolescents: International Conference on Psychological Studies (ICPSYCHE 2020), Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.014

Rofiatun Nisa’, & Eli Fatmawati. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. IBTIDA’, 1(2), 135–150. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i2.147

Rohmah, K., & Falah, N. (2016). Layanan Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA Negeri 1 Depok Sleman D.I. Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(1), 41–58. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.131-03

Rohmawati, N. (2019). Kemandirian Siswa dalam Merencanakan Karir Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karir. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(2), 67–73. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i2.22762

Rosada, U. D., Farhani, F. C., & Nurani, W. (2019). Peran Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Siswa di Sekolah. 12.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. 12.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA NEGERI 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Serikandi, B. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Kelas XII-IIS-1 SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Paedagogy, 7(2). https://doi.org/10.33394/jp.v7i2.2498

Shidik, M. A. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik MAN BARAKA. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.91-98

Sobirin. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok pada Siswa SMP. 05(01). https://doi.org/10.24176/jkg.v5i1.6339

Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2559

Tumanggor, H. R., Sunawan, S., & Purwanto, E. (2018). Keefektifan Layanan Informasi Karir Berbantuan Website untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMA di Kota Tarakan. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 4(1), 11. https://doi.org/10.31602/jbkr.v4i1.1348

Umam, M. K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. 2(01), 24.

Yuliza, E. (2017). Upaya Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Karakter Siswa. 09(01), 19.

Yuniarto, A. (2017). Hubungan Rencana Karir dengan Motivasi Menyelesaikan Studi pada Mahasiswa S1 Bimbingan Konseling. 7.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Muhid, A., Muhlasin, M., & Fintania, A. (2022). KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN INFORMATIF STUDI KARIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XII. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(1), 139 - 146. https://doi.org/10.53682/educouns.v3i1.3099

Issue

Section

Articles