EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.53682/educouns.v3i1.3306Keywords:
Group Counseling, Self Management, Learning DisciplineAbstract
This research is motivated by the behavior of students who are less disciplined in obeying school rules, doing assignments. This study was made with the aim of knowing the effectiveness of group guidance services using self-management techniques to improve student learning discipline. The thing that will change from this group guidance service with self-management technique is the attitude of learning discipline and low responsibility. This research method is a qualitative method with a literature review approach by using theoretical studies from various sources. The result of this study are group guidance services using effective self-management techniques to improve student learning discipline.
References
Anggraeni, D. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Seminar Nasional “Bimbingan dan Konseling Islami”.
Anjani, W. S., Arumsari, S., & Imaduddin, A. (2020). Pelatihan Self Management untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research. 4(1), 41-56.
Cormier, L.J. & Cormier, L.S. 2009. Interviewing Strategies for Helpers. 7 ed Montery, California: Brooks/Code Publishing Company.
Fatimah, A. N., Sujayati, W., & Yuliani, W. (2019). Efektifitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA. 2(1).
Febrianti, R. (2018). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknikself Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas Xi Administrasi Perkantoran Bandara Di Smk Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung. Ta 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Gunarsa, D. Singgih. 2004. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Monawati, Elly, dan Wahyuni. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah, 1(1), 21-29.
Monica, M. A., &Gani, R. A. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling(E-Journal), 3(2), 119-132.
Muratama, M. S. (2018). Layanan Konseling Behavioral Teknik Self Management untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri. 5(1).
Rahmawati, G. A. (2019). Efektifitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X TPM SMK Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019.
Rositah., & Rahima, R. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan & Konseling Pendidikan: JAPKP, 1(1).
Scubania, Dian Fawzia, dkk. (2014). Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. E-journal PGSD Universitas Pakuan.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ulfa, M., & Suarningsih, N, K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Jurnal Psikologi Konseling. 2(1).