Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1038Keywords:
metode pembelajaran, demonstrasi, hasil belajar, tindakan kelasAbstract
Abstrak — Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk perbaikan proses pembelajaran melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 3 Tondano yang dilaksanakan pada bulan September sampai desember 2019. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis satatistic deskriptif terhadap data tahap berupa dokumen hasil tes siswa dan daftar nilai. Penelitian ini menggunakan Dua tahap siklus dimana siklus I terdiri dari 3 kali dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Siklus I siswa mencapai hasil belajar 56% tidak tuntas, dan 44 % tuntas. Siklus II siswa mencapai hasil belajar yaitu 8% tidak tuntas, dan 92% tuntas. Meningkatnya hasil belajar siswa dilihat pada tahap siklus II yaitu hasil pencapaian belajar siswa 92% tuntas dari jumlah 25 siswa. Dengan demikian pembelajaran menggunkan metode Pembelajaran Demonstrasi dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 3 Tondano.
References
Arikunto, S. (2005). Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Jamil, M. Y. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Di SMKN 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(3).
Mamahit, C. E. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MODEL BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA [THE EFFECT OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AND PERCEPTIONS]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 17(1), 67-83.
Moh. Uzer Usman. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiyah, NK. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto. (1997). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Richard Tamarugi, Nontje Sangi, Moudi Kambey
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.