Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar

Main Article Content

Richard Tamarugi
Nontje Sangi
Moudi Kambey

Abstract

Abstrak< strong> Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk perbaikan proses pembelajaran melalui Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar Siswa Kelas X TITL SMK Negeri 3 Tondano yang dilaksanakan pada bulan September sampai desember 2019 Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik analisis satatistic deskriptif terhadap data tahap berupa dokumen hasil tes siswa dan daftar nilai Penelitian ini menggunakan Dua tahap siklus dimana siklus I terdiri dari 3 kali dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan Siklus I siswa mencapai hasil belajar 56 tidak tuntas dan 44 tuntas Siklus II siswa mencapai hasil belajar yaitu 8 tidak tuntas dan 92 tuntas Meningkatnya hasil belajar siswa dilihat pada tahap siklus II yaitu hasil pencapaian belajar siswa 92 tuntas dari jumlah 25 siswa Dengan demikian pembelajaran menggunkan metode Pembelajaran Demonstrasi dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 3 Tondano < p>

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar. (2021). JURNAL EDUNITRO Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 1 6. https://doi.org/10.53682/edunitro.v1i1.1038

References

Arikunto S 2005 Hasil Belajar Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto S 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono 2002 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Syaiful Bahri dan Aswan Zain 2010 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik Oemar 1995 Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara

Jamil M Y 2013 Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Dengan Strategi Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik Di SMKN 2 Bojonegoro Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 2 3

Mamahit C E 2021 PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH MODEL BAURAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI MAHASISWA [THE EFFECT OF THE BLENDED LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES AND PERCEPTIONS] Polyglot: Jurnal Ilmiah 17 1 67 83

Moh Uzer Usman 2009 Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya

Roestiyah NK 1991 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta

Suryosubroto 1997 Proses Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta